Guru Harus Berkarakter dan Jadi Teladan

Dedi Rusdianto, SPd saat menjadi Komandan Upacara HGN. | Dok KS

Dedi Rusdianto, SPd saat menjadi Komandan Upacara HGN. | Dok KS

KAYUAGUNG – Guru harus memiliki karakter dan mampu jadi teladan bagi para muridnya. Demikian penggalan pernyataan dari Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah RI, Anies Baswedan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) OKI, Husin, SPd saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional yabg dilaksanakan di halaman Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI), Senin (1/12).

Dalam kesempatan itu, Husin yang juga merupakan mantan guru ini, mengatakan dalam sambutannya guru merupakan cermin yang memiliki tanggung jawab besar untuk mempersiapkan masa depan genarasi bangsa. Menjadi seorang guru bukan merupakan suatu tantangan, melainkan kehormatan.

“Jadi para guru itu adalah orang-orang terhormat,” ujar Husin.

Lanjut Husin, maka sudah sepatutnya bagi para siswa dan semua untuk memuliakan guru. Sampai saat ini bangsa ini belum menampatkan posisi guru pada semestinya, mulai dari status kepegawaian, kesejahteraanya dan lain sebagainya. Kendati demikian, proses pendidikan harus tetap berjalan dengan baik.

“Guru juga dituntut untuk memiliki karakter dan mampu menjadi teladan bagi siswa,” katanya.

Kepala Dinas Pedidikan OKI, Drs Zulkarnain, melalui Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Dedi Rusdianto, SPd yang dalam kesempatan itu bertugas menjadi komandan upacara, menambahkan melalui peringatan hari guru nasional ini, diharapkan kedepan dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam mendidik para siswanya. Kata Dedi, peningkatan profesional seorang guru akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Kabupaten OKI.

“Selain itu juga guru harus mampu memberikan teladan bagi siswanya. Menjadi teladan tidak hanya dari proses belajar saja, melainkan melalui tingka laku dan perbuatan yang baik,” tambah Dedi.

Peringatan hari guru nasional yang dilaksanakan melalui upacara di halaman Pemkab OKI, kemarin. Juga dalam kesempatan tersebut bersamaan diperingatinya hari PGRI dan hari KORPRI. Sejumlah guru, pejabat dan siswa turut hadir dalam upacara peringatan hari guru tersebut.

 

TEKS      : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *