Dana PNPM Terserap 70 Persen

pnpmPALEMBANG – Hingga pekan pertama bulan Desember 2014, penyerapan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Kota Palembang sudah mencapai 70 persen dari Rp 48 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014.

Koordinator PNPM Kota Palembang, Akhmad Yudi mengatakan, dana Rp 48 miliar tersebut meliputi beberapa program yakni, PNPM Reguler meliputi 106 Kelurahan sudah terserap sebesar Rp 24 miliar. Kemudian Program Masterplan Percepatan, Perluasan dan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) meliputi 29 Kelurahan sudah terserap Rp 4,3 miliar.

 

Selanjutnya, program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) meliputi 4 Kelurahan sudah terserap Rp 600 juta dan yang terakhir adalah program Peningkatan Penghidupan Masyarakat Kelurahan (PPMK) sebesar Rp 1,06 miliar.

“Dana Rp 48 miliar itu murni dari pusat. Tapi, ada juga dana sharing dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui APBD Kota Palembang 2014 sebesar Rp 2,1 miliar,” katanya, usai acara lokakarya review PNPM mandiri perkotaan, di ruang Parameswara, Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Senin (1/12).

Yudi menyebutkan, dana PNPM yang berasal dari APBN banyak digunakan untuk kegiatan infrastruktur. Seperti, jalan cor beton, jembatan, drainase, MCK hingga pembuatan posyandu.

“Khusus dana APBN untuk infrastruktur. Sementara dana APBD Kota Palembang dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial,” sebutnya.

Yudi menjelaskan, untuk dana APBN harus sudah terealisasi 100 persen paling lambat 15 Desember. Tapi, pihaknya menargetkan, sekitar tanggal 10 Desember sudah tutup atau selesai.

“Jadi dana dari APBN harus sudah masuk ke rekening Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Desember ini. Tapi, untuk kegiatannya boleh dilaksanakan di tahun 2015 mendatang,” jelasnya.

Yudi menambahakan, terkait pelaksanaan kegiatan boleh dilakukan ditahun berikutnya, sesuai dengan peraturan menteri yang isinya menyebutkan, pemanfaatan boleh dilaksanakan paling lamban bulan Maret 2015. Tapi, apabila hingga Maret belum selesai, maka sisanya akan dikembalikan ke Kas Negara.

“Itu yang membedakan dana PNPM dengan dana lainnya. Tapi, kami menargetkan sisa dana 30 persen segera terealisasi dalam waktu dekat,” dikatakannya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *