“Tak Hadir, Tes Pasti Gugur”

MUARAENIM – Sebanyak 188 peserta tidak hadir dan dipastikan gugur dalam pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil  Daerah (CPNSD) Kabupaten Muaraenim jalur umum tahun 2014 yang digelar lima hari dan berakhir Jumat (28/11) lalu.

“Karena mereka tidak datang saat tes maka  otomatis gugur. Total peserta yang tidak hadir selama pelaksanaan tes sebanyak 188 peserta dan yang terbanyak dihari pertama, hari Senin lalu sebanyak 52 peserta,” tutur Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Kabupaten Muaraenim Siti Herawati, Ahad (30/11).

Setiap hari tes dilaksanakan dalam lima sesi dengan masing-masing peserta 100 orang. Hanya saja menurutnya untuk tiap sesi ada saja peserta yang tidak hadir.Untuk hari terakhir kemarin hanya 3 sesi.  Jumlah peserta yang tidak hadir pada hari pelaksaan antara lain di hari pertama sebanyak 52 peserta, kedua sebanyak 42 peserta, ketiga 28 peserta, keempat 45 peserta serta hari terakahir kemarin  peserta yang tidak hadir sebanyak 21 peserta.

Untuk pengumuman resmi  hasil tes peserta, pihaknya menunggu dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kemenpan dan RB. Namun panitia bisa melihat langsung jumlah point yang mereka  capai selama tes seusai pelaksanaan.

“Kita tunggu saja nanti hasil perankingan dari Panselnas, kalau untuk hasil masing-masing bisa dilihat usia tes  karena hasilnya langsung kita print out dan kita tempel di papan pengumuman,”jelasnya.

Kabid Perencanaan dan Data Pegawai BKD Muaraenim Erlandi mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, dimana  Kabupaten Muaraenim sudah menggunakan tes dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT)  pengumuman hasil yang diterima diumumkan bersama dengan hasil peserta yang lulus passing grade.

“Jadi nama-nama yang lulus passing grade sudah dibuat rangking, dibagian bawah juga diumumkan nama-nama yang diterima sesuai dengan formasi yang diterima, sehingga semua berjalan transparan,” jelasnya.

Hanya saja menurutnya untuk tahun ini pihaknya belum mendapatkan petunjuk tekhnis  mengenai pengumuman hasil akhir tes karena masih menunggu dari Panselnas.

“Apalagi hingga kini belum ada daerah yang mengumumkan hasil tes untuk rekrutment CPNSD jalur umum tahun 2014. Kita tunggu saja nanti bagaimana petunjuk teknis dari Panselnas,”ujarnya.

 

TEKS   : SISWANTO

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *