Warga di Daerah Semende Sulit untuk Berobat

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

MUARA ENIM –  Masyarakat Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muaraenim mengajukan usulan pembangunan RS Pratama untuk pelayanan kesehatan di 3 kecamatan semende yakni SDL, SDT dan SDU. Hal itu terungkap pada telekonference antara Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar dan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki dengan masyarakat Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Ulu usai paripurna DPRD Muaraenim peringatan HUT Kabupaten Muaraenim yang ke 68, Selasa (25/11).

Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar yang bertindak sebagai moderator mengatakan pada HUT Muaraenim yang ke 68 tahun 2014, kini berbagai pembangunan telah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Alhamdulilah sekarang pembangunan mulai dirasakan masyarakat terutama infrastruktur dan pelayanan masyarakat,” ungkap Muzakir.

Kader Kesehatan Dinkes Muaraenim di Desa Pulau Panggung, Efi mengatakan bahwa dampak program berobat gratis yang digagas Pemprov Sumsel sudah dirasakan. Berobat jugaa sudah mudah dengan membawa KTP dan KK masyarakat sudah dapat dilayani.

Namun, terang dia, kendalanya jika mendapat pasien rujukan, pasien harus dirujuk ke RSUD HM Rabain di Muaraenim. Sedangkan jarak ke rumah sakit di Muaraenim jaraknya 2 jam perjalanan.

“Kita minta Pak wagub untuk pelayanan pasien rujuk dipermudah dengan membangun RS Pratama di Semende untuk pelayanan 3 kecamatan,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Wagub Sumsel, Ishak Mekki mengatakan pelayanan kesehatan di Sumsel saat ini dipermudah. Pasien yang dirujuk dapat ke rumah sakit di Kabupaten/Kota, atau bila tidak mencukupi dapat dirujuk ke Palembang. Melihat jarak tempuh yang jauh, kata Ishak, memang perlu didirikan RS Pratama dan ini menjadi catatan pihaknya.

“Ini akan disampaikan ke pak Gubernur. Beliau konsen untuk kesehatan. Diantara program beliau yakni adanya RS rawat inap di kecamatan. Untuk pendanaan dapat diprogramkan di APBD Kabupaten, APBD Provinsi ataupun APBN serta dibantu dana csr untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Dalam waktu tidak lama diharapkan pembangunan RS Pratama ini dapat terealisasi, kita minta lahannya dipersiapkan, jadi ketika sudah ada dana langsung bisa eksen lapangan,” pungkas Ishak.
TEKS:SISWANTO
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *