Palembang Bertabur Tiang Wifi Tanpa Izin

  • Stop Proyek Pemasangan di AAL
  • Warga Diminta Buat Surat Pengaduan

PALEMBANG – Keluhan warga terkait pemasangan tiang wifi yang diduga tidak memiliki izin, di Perumahan Griya Hero Abadi, Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL) langsung di respon pihak kecamatan setempat.

Camat AAL, Sulaiman Amin mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan warga di kawasan tersebut, kemudian langsung menstop pemasangan tiang wifi tersebut.

“Kami sudah stop pemasangan tiang wifi tersebut. Pemiliknya belum diketahui, tapi setelah di stop, kemungkinan pemiliknya akan muncul,” ungkapnya, Rabu (26/11).

Sulaiman berharap, warga sekitar segera membuat pernyataan tertulis terkait pemasangan tiang wifi yang tidak melibatkan warga maupun ketua Rukun Tetangga (RT) dan RW tersebut.

“Kalau menurut saya itu kewenangan Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo), jadi untuk proses teknisnya mereka yang atur,” katanya.

Sulaiman mengaku, untuk pengurusan tiang wifi, memang tidak melalui Kecamatan. Karena biasanya berukuran kecil. Tapi, jika ada proyek pembangunan menara atau tower telekomunikasi di kecamatan, pasti ada tembusan ke kecamatan.

“Ya, untuk tiang wifi dari Kominfo. Tapi, untuk mengjindari penyalahgunaan, pemasangannya kami stop,” akunya.

Sambungnya, dalam melakukan penyetopan pemasangan, pihaknya sudah intruksikan kepada pihak kelurahan.

“Alhamdulillah tanpa kendala, mereka mematuhi untuk memberhentikan dahulu pekerjaannya dan melaporkan kepada pemilik proyek tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palembang, Dicki L Tatung mengatakan, hingga saat ini, pihaknya tidak menerima pemberitahuan atau tembusan terkait pemasangan tiang wifi tersebut.

“Kami saja baru tahu. Dan memang harusnya pemasangan tiang wifi itu bisa berkoordinasi dengan Kominfo. Namun, sampai sekarang tidak ada,” katanya.

Dicki mengaku, laporan pemasangan tiang wifi sudah banyak diterima pihaknya, dan itu di lakukan tanpa koordinasi. Dengan kondisi tersebut, pihaknya segera berkoordinasi bersama pihak terkait.

“Kami akan segera kelapangan. Mungkin bisa ditutup atau di cabut tiang wifi yang tidak ada izin,” ucapnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *