Delapan Negara Ikut Triboatton

EMPAT LAWANG – Festival terbesar Pariwisata Sungai Musi Sumatera Selatan atau dikenal Triboatton segera dimulai. Pada gelaran ke tiga 2014 ini, rencananya ada delapan negara bakal ambil bagian memeriahkan ajang internasional tersebut.

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Hj Endang DS menjelaskan, selain delapan negara, triboatton 2014 akan diikuti sejumlah perwakilan provinsi di Indonesia.

Seperti dua gelaran sebelumnya, Kabupaten Empat Lawang kembali terpilih sebagai pelaksana Etape Pertama. Akan Start pada Senin (24/11) mendatang, dari Desa Tanjung Raya Kecamatan Pendopo dan Finish di Jembatan Musi II Tebing Tinggi.

“Ya hanya Delapan negara yakni Singapura, Brunai, Filifina, Iran, Korea, Hongkong, Australia dan Malaysia. Sisanya peserta lokal dari berbagai provinsi,” beber Endang, kemarin.

Dikatakannya, untuk peserta dari dalam negeri yaitu dari Propinsi Aceh, Jawa barat, Riau dan Sematera Selatan sendiri sekaligus tuan rumah.

Kondisi sungai musi sebut Endang, dipastikan siap karena debit Sungai Musi saat ini cukup besar dipastikan peserta musi triboaton akan dapat menikmati arung jeram pada Sungai Musi. Karena disamping perlombaan hal itu juga bagi pencinta jeram yang ada pada aliran sungai.

Mengenai persiapan saat ini, Disbudpar telah mengkoordinasikan dengan pemerintah daerah mengenai kesiapan sebagai tuan rumah tape pertama, dan etape selanjutnya peserta lomba akan melanjutkan perlombaan menuju Kabupaten Musi Rawas, Muba dan Palembang.

“Setelah finis di Jembatan Musi Dua Tebing Tinggi, Selasa 25/11 dilanjutkan etape kedua, peserta kembali melanjutkan perlombaan menuju Kabupaten Musi Rawas,” imbuhnya.

Warga Empat Lawang menyambut antusias Festival Triboatton 2014, sebagai ajang internasional tentu memberi kesempatan peluang ekonomi kreatif.

“Nanti kan bisa ada stan jual berbagai produk kreatif Empat Lawang, sekaligus memperkenalkan khasanah budaya dan pariwisata. Jangan sampai agenda sebesar itu tidak membuahkan hasil positif bagi masyarakat,” ungkap Ismail (50) tokoh masyarakat Tebing Tinggi.

 

TEKS       : SAUKANI
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *