Tembus Rp 70 Ribu/Kg, Harga Cabai Kian Pedas

Ilustrasi cabai merah | Dok KS

Ilustrasi cabai merah | Dok KS

EMPAT LAWANG – Harga cabai di Pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, kini kian pedas. Harga cabai tersebut naik 100 persen, dari sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram kini dijual pedagang dengan harga Rp 70 ribu per kilogram.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, kenaikan harga cabai tersebut dipengaruhi penurunan hasil panen, akibat kemarau panjang beberapa bulan lalu. Namun, sejumlah pedagang diPpasar Tebing Tinggi memperkirakan, kenaikan tak akan berlangsung lama. Karena kondisi musim sudah penghujan, masih banyak petani belum memasuki masa panen.

Pantauan Kabar Sumatera di Pasar Tebing Tinggi, Kamis (13/11), harga cabai semua jenis naik sekitar 100 persen. Misalnya cabai merah dikisaran Rp 70 ribu perkilogram, naik 100 persen dari harga sebelumnya Rp 35 ribu perkilogram.

Sementara cabai hijau dikisaran Rp 40 ribu perkilogram, dari sebelumnya dikisaran Rp 20 ribu perkilogram. Begitu juga dengan cabai rawit, dari harga Rp 25 ribu naik menjadi Rp 50 ribu perkilogram.

“Cabai di Empat Lawang banyak dipasok dari Curup dan Pagaralam, informasinya disana banyak petani yang gagal panen sehingga stok cabai menurun. Ini lah yang membuat harga cabai menjadi naik di pasaran,” kata Nur (40), salah satu pedagang cabai di Pasar Tebing Tinggi, Kamis (13/11).

Nur mengaku, pedagang sangat sulit mendapatkan cabai karena sangat sedikit stoknya. Kondisi ini jelasnya, mau tidak mau membuat pedagang menjual cabai dengan harga tinggi. “Kami tidak berani membeli banyak, sebab konsumen sangat sedikit yang membeli akibat harganya yang melambung. Kalau membeli banyak, takutnya tidak laku dan menjadi busuk,” ujarnya.

Terpisah, Merry (40), salah satu pemilik rumah makan di Tebing Tinggi mengaku cukup kaget dengan melejitnya harga cabaik tersebut. Sehingga mau tidak mau sebut Merry, ia terpaksa membeli cabai dengan jumlah sedikit padahal biasanya ia setiap hari membeli satu kilogram cabai. “Beberapa hari lalu, harga cabai Rp 30 ribu per kilogram. Tetapi tadi, sudah Rp 70 ribu per kilogram. Terpaksa saya hanya membeli sedikit, “ ucapnya.

Ia berharap kenaikan harga cabai ini, jangan sampai bertahan lama karena bisa mengurangi rasa dan membuat pelanggannya akan berlari semua.”Katanya sih, naiknya tidak lama,” tukasnya.

 

TEKS            : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *