Stok Bantuan untuk Bencana Menipis

ILst. Antarafoto.com

ILst. Antarafoto.com

EMPAT LAWANG – Stok bantuan untuk bencana di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Empat Lawang, tidak aman. Misalnya, ketersediaan bahan sembilan bahan pokok (Sembako) untuk bantuan bencana di Empat Lawang, kian menipis dan nyaris tak tersisa.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, saat ini stok sembako dan bantuan lainya untuk bencana di Dinsosnakertrans Empat Lawang yang tersisa hanyalah beras. Jika terjadi bencana alam atau kabakaran di Empat Lawang, hampir dipastikan korban tersebut hanya akan menerima bantuan berupa beras dari Pemkab Empat Lawang.

“Sejak triwulan keempat ini, stok bantuan yang biasanya dikirim dari pemerintah pusat, belum turun ke daerah. Makanya stok bantuan untuk korban bencana, sudah nyaris habis,” kata Kepala Dinsosnakertrans Empat Lawang, Edison Jaya, Senin (10/11).

Dikatakan Edison, stok bantuan dimaksud kemungkinan tiba akhir tahun ini atau bahkan awal tahun depan. Jika memang benar-benar ada bencana kebakaran atau bencana lainnya, tentunya akan kesulitan untuk mencari pos bantuan yang akan diberikan pada para korban. “Kita berharap saja, tidak ada bencana yang terjadi di Empat Lawang. Sebab, stok saat ini hanya ada beras,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk tahun anggaran berikutnya, akan diupayakan anggaran dari Pemkab Empat Lawang melalui Dinsosnakertrans. Dengan demikian, pemerintah daerah bisa mengetahui secara pasti, kekurangan stok bantuan dimaksud dengan cepat, serta dapat dicarikan solusinya dengan cepat pula. “Mudah-mudahan tahun depan bisa dianggarkan di daerah, jadi tidak menunggu terus dari bantuan pemerintah pusat,” harapnya.

Seperti diketahui, bantuan dari Pemkab Empat Lawang melalui Dinsosnakertrans pada korban bencana di Empat Lawang selama ini berupa sembako, kain sarung, selimut, pakaian sekolah, alat-alat dapur dan bantuan jenis lainnya.

Sedangkan untuk bantuan rehab rumah yang rusak, biasanya diambil dari pos anggaran bantuan sosial yang ada di Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Empat Lawang.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *