Empat Rumah di Semendo Darat Ulu Ludes Terbakar

Situasi kebakaran di desa Aremantai SDU, | Foto : Siswanto

Situasi kebakaran di desa Aremantai SDU, | Foto : Siswanto

MUARAENIM – Setidaknya empat unit rumah panggung milik warga Desa Aremantai, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muaraemnim, terbakar. Api diduga berasal dari arus pendek listrik dari rumah salah seorang warga. Kejadian yang sempat menghebohnya warga setempat tersebut, terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, Minggu (9/11). Kerugian dari kejadian tersebut, ditaksir ratusan juta rupiah.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, sumber api diduga berasal dari rumah milik Aldan, yang pada saat kejadian dalam keadaan kosong. Dalam waktu relatif singkat, api sudah membumbung tinggi, sehingga menghanguskan rumah milik Aldan.

Kejadian yang cukup mengejutkan tersebut, membuat warga melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. Namun, kecangnya hembusan angin membuat api membumbung tinggi dan melalap rumah yang ada disekitarnya. Kobaran api baru, bisa dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB.

Kepala Desa Aremantai, Tahrim yang dibincangi Kabar Sumatera menyebut, api pertamakali terlihat dari rumah milik Aldan. Sumber api menurutnya, diduga akibat arus pendek, sebab rumah tersebut saat kejadian dalam keadaan kosong ditinggalkan pemiliknya pergi.

“Ada empat unit rumah yang terbakar yakni rumah milik Aldan, Rusdi, Mukran dan rumah milik Nur Aisyah. Saat ini, kita masih belum bisa menprediksi berapa kerugian akiat musibah tersebut. Kita berupaya masyarakat berupaua, agar api bisa dipadamkan. Sementara para korban yang rumahnya ikut terbakar, kita identifikasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaraenim, Sostro Alimanudin saat dihubungi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia menyebut api sudah bisa dipadamkan oleh warga.

“Kedepan kita akan meminta bantuan pemerintah pusat, untuk penambahan mobil pemadam kebakaran (damkar). Sehingga bisa di stad by kan di desa-desa yang cukup jauh dan sulit dijangkau kendaraan,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *