Akhir Tahun, Akomodasi di Pagaralam ‘Full Booked’

Susana Salah Satu Villa di Komplek Hotel Wista  Gunung Gare Pagaralam | Foto : Dok KS

Susana Salah Satu Villa di Komplek Hotel Wista Gunung Gare Pagaralam | Foto : Dok KS

PAGARALAM – Sebagai daerah tujuan wisata (destinasi) andalan Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Pagaralam masih menjadi magnet tersendiri untuk mengisi liburan akhir tahun. Hal itu terbukti sejak sebulan sebelum pergantian tahun, sejumlah akomodasi di Bumi Besemah sudah penuh dipesan (full booking).

Yadi, pengelola Hotel, Villa Wisata dan Villa MTQ Komplek Perkantoran Gunung Gare mengatakan, reservasi kamar bahkan sudah dipesan sejak pertengahan tahun lalu.

“Hampir semua kamar habis dipesan, terutama pekan terakhir Desember hingga awal Januari mendatang sudah tidak ada lagi kamar kosong,” ujarnya, kemarin (7/11).

Hal serupa dikemukakan Nanang, pengelola Villa Seganti Setungguan. Ia mengatakan, pemesanan kamar villa yang dikelolanya sudah merupakan pengunjung tahunan.

“Ya, bisa dikatakan pemesan villa adalah langganan yang rutin datang untuk menikmati tahun baru di Pagaralam. Bahkan sejak Agustus lalu mereka sudah booking,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah hotel di Bumi Besemah ini menyiratkan hal yang sama. “Memang saat ini masih ada yang belum fix, karena ada kemungkinan mereka cancel reservasi. Namun, secara umum sudah dipesan,” kata Wensi salah satu staf Hotel Darma Karya yang beralamat di Jalan Lintas Pagaralam.

Setiap akhir tahun di Pagaralam pasti diramaikan pengunjung dari berbagai penjuru, bahkan beberapa di antaranya ada yang dari luar negeri. Artinya, potensi wisata berlimpah hingga dapat menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ibnu Hajar SE MM mengakui masih banyak yang harus dibenahi dalam meningkatkan pariwisata di Kota Pagaralam.

“Ya, hingga saat ini kita terus berupaya menjadikan Pagaralam sebagai ikon pariwisata andalan Sumsel,” singkatnya.

 

TEKS    : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *