TNI Dikerahkan Padamkan Titik Api di OKI

Beri Keterangan-Bupati OKI Iskandar dan Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya,  Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo saat memberi keterangan kepada awak media terkait penanggulangan kebakaran lahan usai rapat koordinasi bersama di Kantor BPBD Sumsel, Rabu (5/11).  Foto : Bagus Kurniawan/KS

Beri Keterangan-Bupati OKI Iskandar dan Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya, Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo saat memberi keterangan kepada awak media terkait penanggulangan kebakaran lahan usai rapat koordinasi bersama di Kantor BPBD Sumsel, Rabu (5/11). Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Komando Daerah Meliter (Kodam) II Sriwijaya, akan turun untuk membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengatasi kabut asap, yang kini mulai muncul lagi setelah sebelumnya sempat menghilang.

Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya, Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo menyebut, Kodam akan membentuk regu untuk mengatasi kabut asap tersebut. Ia sendiri sebut Bambang, akan mengomandoi regu tersebut.

Bambang menerangkan, TNI akan dikerahkan untuk membantu pemadaman titik-titik api yang terpantau berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). “Kita sudah mengerahkan personil, satuan setingkat bataliyon selama kurang lebih dua bulan terakhir. Personil ini bekerjasama di lapangan dengan tim gabungan, seperti Manggala Agni dan yang lainnya untuk memadamkan titik api lewat jalur darat,” kata Bambang usai rapat koordinasi bersama di Kantor BPBD Sumsel, Rabu (5/11).

Bambag mengatakan, ia berusaha mengakomodir dan mengecek langsung ke lapangan, karena dirinya juga mempertanyakan kenapa asap ini, kembali muncul dengan pekat yang luar biasa.

“Sebelumnya kita sudah berencana ingin menarik personil tadi, tetapi beberapa hari terkahir asap kembali muncul jadi kita perpanjang kembali tugasnya hingga akhir bulan ini. Kita juga akan menambah satu tim, setingkat satuan bataliyon kembali agar lebih maksimal,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan agar warga dan masyarakat yang berada dekat di titik-titik api untuk bekerjasama dalam menyelesaikan masalah kebakaran hutan dan lahan ini. “Apalagi kan bulan Desember mendatang, Sumsel khususnya Palembang akan ada event nasional dan internasional. Jadi semua dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan kebakaran lahan dan hutan ini,” ujarnya.

Sementara, Bupati OKI, Iskandar mengatakan, pihaknya akan segera menginstruksikan kepada semua camat untuk merekrut relawan yang ada di desa-desa sekitaran lahan gambut, guna membantu pemadaman titik api. “Selagi belum turun hujan yang intensitasnya tinggi, maka tugas untuk menyelesaikan pemadaman ini terus dilakukan hingga selesai betul,” tukasnya.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *