Tarif Transmusi Bakal Naik

Ilustrasi Bus Trans Musi | Dok KS

Ilustrasi Bus Trans Musi | Dok KS

PALEMBANG – Belumlah beroperasi, manajemen PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2), yang mengelola Bus Rapit Transit (BRT) Transmusi berencana akan menarikkan tarif Transmusi saat beroperasi nanti.

Namun itu kata Direktur Utama (Dirut) PT SP2J, Marwan Hasmen, baru akan dilakukan jika kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sudah ditetapkan oleh pemerintah. “Kita tentu akan menyesuaikan tarif, jika harga BBM naik. Saat ini, kami belum bisa memprediksi berapa kenaikan tarifnya, karena pemerintah belum menaikan BBM subsidi, “ kata Marwan yang dihubungi, Minggu (2/11).

Marwan menyebut, untuk menaikan tarif angkutan BRT Transmusi harus melalui berbagai proses dahulu bukan serta merta langsung dinaikkan. “Harus dikaji dulu, melalui persetujuan DPRD Palembang, rapat internal manajemen dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, karena PT SP2J merupakan perusahaan milik Pemkot Palembang,” sebutnya.

Marwan mengaku, walaupun dengan naiknya tarif angkutan BRT Transmusi akan memberatkan masyarakat. Tapi, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar kenaikan tidak terlalu tinggi. “Artinya akan disesuaikan. Kalau BBM naik, mau tidak mau tarif angkutan juga naik, karena hal itu berkaitan erat dengan biaya operasional,” ujarnya

Untuk saat ini sambung Marwan, tarif Transmusi masih tetap seperti yang lama, untuk dalam kota tarifnya Rp 5 ribu, sementara untuk mahasiswa dari Palembang ke Unsri, Inderalaya Rp 7.500.

“Masih tetap seperti yang lama. Bus sudah melayani mahasiswa. Tapi, untuk dalam kota masih di stop dahulu. Karena sekarang bus banyak dalam perwatan, mudah-mudahan dalam waktu dekat operasional Trasmusi sudah kembali normal,” harapnya.

Marwan menambahkan, rencana kenaikan BBM tersebut bulan November ini, tapi sebutnya tarif angkutan tetap normal sebelum pemerintah menentukan kenaikan tarif angkutan. “Tunggu saja dari pemerintah pusat,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *