Minat Mahasiswa Asing Kuliah di Unsri Tinggi

unsriINDRALAYA – Sedikitnya ratusan mahasiswa asing yang berasal dari luar negeri berkualiah di Universitas Sriwijaya (Unsri) mulai dari Strata (S1) maupun Strata (S2). Membuktikkan minat mahasiswa asing tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Pembantu Rektor (PR), 1 Unsri Prof DR Anis Saggaf, Jumat (31/10), kemarin.

Menurutnya, ada beberapa kategori mahasiswa asing seperti mahasiswa dari hasil kerjasama dengan Papua Nugini untuk S2 bidang pertanian.

“Selain itu, kerjasama dengan Malaysia persatuan serumpun Dunia Melayu Dunia Indonesia (DMDI) dan Univ Teknologi Malaysia, penerimaan Ujian Saringan Masuk Mandiri Unsri untuk fakultas kedokteran,” paparnya.

Tak hanya itu, sambung Anis, juga dilakukan kerjasama dengan Vietnam, Cina dibidang pertanian untuk strata 1 dan 2 jurusan hama penyakit tanaman, bahkan ada kerjasama dengan Austria dan Amerika di FKIP jurusan sejarah.

“Memang cukup tinggi minatnya mereka kuliah disini (Unsri). Untuk Fasilkom kita kerjasama kredit transfer mengirim mahasiswa bilingual 1 semester (6 bulan) saat di Demester 5, sebaliknya sebagian mahasiswa di Univ Teknologi Malaysia juga belajar di Unsri,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk kedokteran ada 70 mahasiswa Malaysia yang ikut tes tahun ini dan diterima hanya 9 orang. “Kalau Papua Nugini kita membantu SDM-nya, begitu juga Cina, Vietnam yang bekerjasama di bidang pertanian,” sambungnya.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan banyaknya jumlah mahasiswa asing yang berkualiah di Unsri pengakuan dunia luar terhadap pendidikan di Unsri makin tinggi.

“Sejak 2003 kita mulai menerima mahasiswa asing, bahkan tahun depan kita akan menerima mahasiwa di negara-negara  Asean, untuk kuota InsyaAllah akan ditambah tanpa mengabaikan kuota lokal dan dalam negeri,” terangnya.

Ditambahkannya juga, bahwa pihaknya juga berharap setiap mahasiswa dalam memilih jurusan berbasis kompetensi, minat, karena jika dipaksakan akan tidak produktif.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

Editor   : Reinaldi Syahriri




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *