Kualitas Udara Palembang Kembali Memburuk

Ilustrasi Alat uji Kualitas Udara | Dok KS

Ilustrasi Alat uji Kualitas Udara | Dok KS

PALEMBANG – Setelah sempat turun, kualitas udara di Palembang kini kembali memburuk. Hasil pengujian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di metropolis, saat ini di angka 115. Angka tersebut sudah masuk katagori tidak sehat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan Limbah BLH Kota Palembang, Heni Kurniawati menyebut, kualitas udara di Palembang sempat normal namun dalam beberapa hari terakhir kembali diatas ambang batas.

“Kualitas udara, kembali memburuk dengan naiknya ISPU menjadi 115. Padahal untuk normalnya 60-80, sedangkan untuk kategori ISPU 0-50 baik, 50-100 sedang, 110-200 tidak sehat, 200-300 sangat tidak sehat,” kata Heni yang dibincangi, Jumat (31/10).

Meningkatnya kembali angka ISPU ini jelas Heni disebabkan, kabut asap yang mulai “menyerbu” kembali. Tetapi ia yakin, tidak akan berlangsung lama. “Kabut asap saat ini, tidak banyak lagi namun meningkatkan angka ISPU. Mudah-mudahan kabut asap beberapa hari kedepan menghilang, sehingga kualitas udara kembali normal,” ujarnya.

Karenanya sebut Heni, BLH akan membagi-bagikan kembali 5000 masker kepada masyarakat secara gratis. Ini dilakukan, guna mengantisipasi merebaknya penyakit akibat kabut asap misalnya Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Sementara itu, Kasubag Hubungan media, Bagian Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Adi Zahri mengatakan, BLH bersama Bagian Humas akan membagi-bagikan sedikitnya 5 ribu masker kepada pengguna jalan.

“Walaupun kabut asap sudah hilang, tapi data dari BLH Palembang kualitas udara di Palembang kembali memburuk. Karenanya, kita membagi-bagikan lagi masker kepada masyarakat,” kata Adi yang dibincangi disela-sela pembagian masker di Jalan Merdeka tepatnya didepan Kantor Wali Kota Palembang, kemarin.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *