Songket Bakal Jadi Warisan Budaya Dunia

Ilustrasi Salah Satu Pengrajin Songket | Foto : Dok KS

Ilustrasi Salah Satu Pengrajin Songket | Foto : Dok KS

PALEMBANG – Kementrian Pariwisata, akan mengusulkan kain songket menjadi warisan budaya dunia ke The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco), lembaga yang mengurusi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di bawah naungan PBB.

Karenanya, sebelum usulan tersebut disampaikan ke Unesco, sejumlah data akan dikumpulkan oleh tim dari Kementrian Pariwisata. “Kami sejak 26 Oktober hingga 2 November, meneliti dan mengumpulkan data-data mengenai songket. Ini, untuk melengkapi syarat guna di daftarkan ke Unesco,” kata RR Nur Suwarningdyah, salah satu peneliti dari Puslitbang Kementerian Pariwisata yang dibincangi, Kamis (30/10).

Data-data mengenai songket ini jelasnya, dikumpulkan dari berbagai narasumber dan informan di Sumsel, yang mengetahui dan memahami hal-hal yang berkenaan dengan kain tenun songket Palembang dan sekitarnya.

Walau masih dalam proses penelitian kata Suwarningdyah, sudah terkumpul sejumlah data misalnya berbagai motif songket, proses pembuatan songket, dan bahan dasar pembuatannya. “Biasanya Unesco, akan menilai warisan budaya dari hal-hal terkecil dan mendetail. Kami sudah teliti itu, mulai dari pembuatan desain, motif, juga telusuri benang dan cara memintal benang. Semuanya kami dokumentasikan, untuk dibawa ke Unesco,” ucapnya.

Setelah semua data terkumpul dan di dokumentasikan, barulah pada 2015 mendatang Kementrian Pariwisata akan mengajukan songket menjadi warisan budaya dunia ke Unesco. “Bukan hanya kain songket yang kami kumpulkan datanya, tetapi juga kain tenun dari tiga daerah lainnya di Indonesia untuk disatukan dan diajukan ke Unesco. Ini sama seperti Wayang Indonesia, yang terdiri dari wayang dari berbagai daerah di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyebut, masyarakat harus bangga karena songket yang menjadi salah satu kerajinan di Sumsel akan diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke Unesco. “Songket Palembang itu kami persembahkan pada dunia, melalui Unesco dalam berbagai kategori. Kami yakin, songket bisa menjadi budaya yang membanggakan Sumsel,” kata Alex.

Alex menerangkan, songket saat ini tidak hanya digunakan di Sumsel saja tetapi juga telah dipakai di provinsi bahkan negara lain. Ia menuturkan ada daerah lain dan negara lain, yang sudah mencontoh dan memproduksi songket.

Tetapi Alex yakin, hanya di Sumsel bisa mendapatkan songket berkualitas. “Songket sangat pantas jadi warisan dunia. Memang songket Palembang dari dulu sudah mendunia, sudah dibawa oleh desain ternama Indonesia ke mancanegara. Jadi ini adalah jati diri masyarakat Sumsel,” tukasnya.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI           




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *