Musim Paceklik, Rawan Aksi Kriminal

 

PAGARALAM – Upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),  jajaran Kepolisian Sektor Pagaralam Selatan ajak perangkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) wujudkan semua ini dengan mengaktifkan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling). Karena peranan RT/RW begitu penting dan lebih mengetahui kondisi daerahnya masing-masing. Hal itu dikemukakan Kapolsek Pagaralam Selatan, Iptu Wantoro, kemarin (30/10).

Menurut Wantoro, pihaknya mengajak masyarakat melalui perangkat aparatur setempat dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketentraman di wilayah hukumnya sudah menjadi program prioritas. Mengingat sejauh ini, aksi kejahatan semakin hari kian meningkat.

“Ya, maklum saja di Pagaralam tengah mengalami musim paceklik (Musim sepi-red). Sehingga kondisi ini kerap memaksa para pelaku kejahatan melancarkan aksinya,” katanya.

Guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan lanjutnya, seluruh personil Polsek Pagaralam Selatan bersama masyarakat siap mengaktifkan kegiatan Poskamling di wilayah masing-masing.

“Kita mengintensifkan patroli keliling, terutama disejumlah titik rawan aksi kriminalitas, seperti di kawasan Pasai Induk Terminal Nendagung, objek wisata Gunung Dempo hingga Seputaran Pasar Dempo Permai,” tambahnya seraya berujar dengan melibatkan RT/RW dapat lebih mudah terpantau, mengingat mereka ini sebagai ujung tombak ditengah-tengah masyarakat  dalam mencakup berbagai informasi maupun pengidentifikasian hal-hal yang berkaitan dengan kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

Ia mengatakan, kegiatan ini sebetulnya merupakan langkah memberdayakan peranan masyarakat dalam menerapkan  siskamling. “Peranan RT/RW dalam membina maupun memberdayakan masyarakat dapat lebih mudah terwujud dalam hal menjaga keamanan diri maupun lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Meski begitu kata Wantoro, melalui koordinasi dan komunikasi antar personil Polsek Pagaralam Selatan dengan RT/RW, diharapkan dapat tercapai kondisi lingkungan permukiman yang sehat maupun kemantapan ketahanan lingkungan permukiman pada bidang kamtibmas.

“Kinerja mereka inilah yang selalu tampil paling  depan dalam mengatasi permasalahan keamanan di wilayahnya masing-masing,” terangnya seraya berkata dengan adanya keterbatasan polisi dalam menciptakan kamtibmas, pihaknya begitu membutuhkan adanya peran serta masyarakat dalam mengaktifkan kembali kegiatan ronda kampung demi terwujudnya sistem keamanan lingkungan.
TEKS    : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *