XL Luncurkan Mobile 4G-LTE

PALEMBANG – Guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan internet berkecepatan tinggi di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan inovasi layanan terbaru (promo) real mobile 4G-LTE (Long Term Evolution), yang pertama di Indonesia. Layanan internet kecepatan tinggi hingga 100 Mbps dan berteknologi canggih yang disediakan oleh XL ini didukung oleh mitra penyedia jaringan terkemuka di dunia yakni Huawei dan Ericsson.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, peluncuran layanan mobile 4G-LTE pertama di Indonesia ini sejalan dengan spirit XL untuk selalu menjadi operator yang terdepan dalam berinovasi untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

Ini juga menjadi kado yang istimewa di ulang tahun XL yang ke-18, sekaligus sebagai wujud nyata komitmen XL untuk terus berupaya memberikan layanan dan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia dalam merasakan dan menikmati kemajuan teknologi mobile
4G-LTE dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

“Kami berharap layanan 4G-LTE yang kami sediakan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat,” kata Hasnul, Rabu (29/10).

Hasnul menambahkan, pada tahap awal, layanan internet berkecepatan tinggi dengan teknologi 4G-LTE ini baru bisa dinikmati secara terbatas di beberapa lokasi di Jakarta, dan selanjutnya, secara bertahap XL akan memperluasnya ke beberapa kota lainnya di luar Jakarta. Pemilihan lokasi dan kota tersebut didasarkan pada beberapa pertimbangan diantaranya potensi permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, besaran nilai investasi dan sebagainya.

“Untuk memasyarakatkan layanan 4G-LTE ini, XL juga akan membangun ekosistem pendukungnya, seperti penyediaan ponsel yang mampu beroperasi di jaringan 4G-LTE, dan terjangkau untuk semua kalangan pelanggan,” ungkapnya.

XL juga menjalin kerjasama dengan sejumlah penyedia ponsel dan ekosistem pendukung, antara lain, Sony Mobile, Intel Corporation, LG Mobile, HTC, Nokia (Microsoft), Huawei, Speedup, BlackBerry, dan Qualcomm.

“Adapun nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G- LTE ini sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp 7 Triliun,” katanya.

LTE merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi ke-4 ini. LTE disebut-sebut memiliki keunggulan pada kecepatan, efisiensi jaringan,coverage layanan dan lain-lain.

“Dengan keunggulan yang ditawarkan tersebut, pelanggan akan mendapatkan manfaat antara lain seperti kemudahan dan kecepatan akses layanan data baik upload/download konten berkapasitas besar seperti foto/video, dan content-content lainnya,” ujar Hasnul.

Menurutnya, saat ini untuk pelanggan layanan data/internet XL saat ini mencapai sekitar 32 jutaan atau 51% dari total pelanggan. Adapun total pelanggan XL hingga saat ini sekitar 62,9 juta. Hingga saat ini XL juga telah melakukan modernisasi seluruh jaringannya dan telah tuntas pada tahun 2013 yang lalu. Selain itu, XL saat ini juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optic sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 47 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, jaringan XL telah siap dipergunakan untuk mengimplementasikan layanan Hotrod 4G-LTE .

“Saat ini, XL tengah menunggu kebijakan pemerintah untuk menggunakan teknologi netral di frekuensi 1.800 MHz agar bisa memperluas layanan tercanggih tersebut,” paparnya.

Pengenalan Logo Baru XL Bersamaan dengan peluncuran layanan mobile 4G-LTE ini, XL juga memperkenalkan logo baru perusahaan. Logo baru dengan nuansa warna kuning dan hijau, dengan latar belakang warna biru ini merupakan tonggak sejarah baru bagi XL di usia ke-18 tahun dalam melayani masyarakat Indonesia.

“Spirit logo baru ini adalah XL akan lebih dinamis, responsive dan inovatif dalam memberikan kualitas layanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” tutupnya.

 

TEKS     : AMINUDDIN
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *