Pencetakan e-KTP di Daerah Paling Cepat Akhir November

Ilustrasi E-KTP | Ist

Ilustrasi E-KTP | Ist

PALEMBANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Ali Subri mengatakan, pelimpahan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP paling cepat dilaksanakan di Palembang pada akhir November mendatang.

Karena sebut Ali, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN), baru diterima, Jumat (24/10) lalu. “Setelah DIPA kami urus, kami akan berkoordinasi kembali dengan KPPN. Barulah kemudian dilakukan pelelangan melalui Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” kata Ali yang dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (29/10).

Ali mengatakan, untuk pengadaan mesin maupun perlengkapan pencetakan lainnya menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sebutnya, untuk mesin cetak e-KTP, Disdukcapil Palembang baru memiliki dua unit.

“Sementara alat pelengkapnya seperti, kaca film dan lainnya baru dianggarkan oleh pusat di APBD Perubahan 2014. Kalau kami, minta secepatnya. Tapi karena ini melalui anggaran pusat, yah kita harus menunggu. Insya Allah paling cepat akhir November, sudah dicetak di Palembang,” bebernya.

Ali merincikan, saat ini masih ada sekitar 19 ribu e-KTP warga di metropolis yang belum di cetak oleh pusat. Kemudian pelaporan e-KTP yang hilang mencapai tujuh ribu dan ditambah lagi pengajuan pindah daerah, atau perubahan indentitas e-KTP, lebih kurang empat ribu “Jadi totalnya ada sekitar 30 ribu. Baik yang belum dicetak walaupun sudah melakukan perekaman, kehilangan dan pengajuan perubahan indentitas,” bebernya.

Sambung Ali, untuk masyarakat Palembang yang belum melakukan perekaman e-KTP sekitar 186 ribu. Menurutnya, angkanya cukup tinggi. Oleh itulah, berdasarkan surat edaran Gubernur Sumsel, Disdukcapil diminta lakukan jemput bola dalam menyelesaikan perekaman e-KTP.

“Kami sudah bentuk tim, dengan skala prioritas bagi kecamatan yang masyarakatnya masih banyak belum melakukan perekaman, MisalnyaKecamatan Alang-alang Lebar (AAL) tepatnya di Kelurahan Sri Jaya. Didalam tim itu, ada tim kelurahan dan kecamatan untuk mendatangi rumah-rumah warga yang belum melakukan perekaman,” ujarnya.

Ali berharap, bagi masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP dapat lebih bersabar. Karena, walaupun demikian e-KTP lama atau surat keterangan kecamatan bagi yang kehilangan, masih tetap berlaku.

“Mudah-mudahan semua proses lelang dan lainnya cepat selesai. Sehingga pencetakan bisa segera dilakukan, tapi yang pasti dilaksankan di 2014 ini. Karena dananya menggunakan dana APBD Perubahan,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *