Moritorium Penerimaan CPNS, Tunggu Kebijakan Pusat

Ilustrasi CPNS | Dok KS

Ilustrasi CPNS | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menunggu keputusan resmi dari Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan dan RB), terkait dengan rencana moritorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sampai lima tahun kedepan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Palembang, Kurniawan mengatakan, BKD akan menunggu aturan resmi moritorium penerimaan CPNS tersebut. Menurut Kurniawan, kalau memang ada moritorium tentu ada Peraturan Pemerintah (PP), petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) nya.

“Aturan itu, yang kami tunggu. Tetapi sejak lima tahun terakhir, kita sudah tidak melakukan rekrutmen CPNS karena memang mengalami kelebihan pegawai,” kata Kurniawan yang dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (29/10).

Kurniawan menyebut, saat ini PNS di Kota Palembang ada sekitar 14.250 orang, ditambah honorer Kategori II (K2) sekitar 800 orang, yang siap diangkat menjadi PNS. “Untuk kebutuhan CPNS, kami sudah serahkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing. Sudah banyak usulan yang masuk, terutama untuk formasi guru dan perawat,” jelasnya.

Bagaiman dengan pemerataan pegawai seperti yang diinginkan pemerintahan Presiden Joko Widodo ? Kurniawan menyebut, itu harus melalui kajian dahulu. Karena informasinya, bagi daerah yang kekurangan PNS, maka akan dikirim PNS dari dari daerah yang berlebihan PNS nya. “Kalau sebelumnya kita sudah moratorium, karena keuangan atau belanja pegawai sangat besar. Namun saat ini tentu bisa dikaji lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Palembang, Zulfan mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian terhadap keuangan daerah. Sebanyak 54 persen anggaran di APBD Palembang, terpakai untuk belanja pegawai.

Angka itu jelasnya, sudah menurun dibandingkan sebelumnya yang mencapai 57 persen. “Artinya, dari sisi anggaran sudah stabil. Karena belanja pegawai tidak menambah, kalau 2015, Palembang melakukan perekrutan CPNS, itu wajar,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *