Fasilitas di Pusda Sumsel Dibenahi

PALEMBANG – Sudah enam bulan terakhir, Badan Perpustakaan Daerah (Banpusda) Sumsel, membenahi sejumlah fasilitas di Perpustakaan Daerah (Pusda) Sumsel guna meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung.

Kepala Banpusda Sumsel, M Maulan Aklil menyebut, Banpusda terus melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas serta peningkatan pelayanan di Pusda. Itu dilakukan, agar pengunjung yang datang bisa betah.

“Ada sejumlah fasilitas yang kita benahi, mulai dari fasilitas umum hingga Sumber Daya Manusia (SDA) nya. Untuk fasilitas perpustakaan keliling, juga sedang kita benahi. Saat ini perpustakaan keliling juga sudah di operasikan di penjara, perkampungan dan tempat umum seperti Kambang Iwak dan lainnya,” kata Aklil ketika dibincangi, Rabu (29/10).

Namun karena keterbatasan perpustakaan keliling yang dimiliki, Banpusda terpaksa menjadwalkan kunjungan perpustakaan keliling tersebut bergantian. “Kita hanya memiliki dua unit mobil perpustakaan keliling,” terang Aklil yang dibincangi disela-sela Seminar Ilmiah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI),di aula Unsri, Bukit Besar, Palembang.

Sementara itu, dalam seminar ilmiah yang diselenggarakan IPI, mengambil tema Kesiapan Perpustakaan Sumsel Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dengan nara sumber diantaranya Sekjend Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), Robinson Rusdi

Seminar yang diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari dosen, pegawai perpustakaan yang ada di Sumsel dan mahasiswa ini menurut Ketua Pelaksana, Faizal, diselenggarakan sebagai ajang tukar pikiran dan pengetahuan dalam antar pustakawan dalam menghadapi MEA.

“Kita ingin pustakawan, bisa lebih terlibat dalam pendidikan anak bangsa. Pustakawan harus mampu berperan, tidak hanya di negeri sendiri tapi juga di negara luar. Karenanya, harus siap menghadapi MEA,” tukasnya.

 

TEKS           : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *