Atlet AMBC Mulai Berdatangan di Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Perhelatan Asian Mountine Bike Championship (AMBC) 2014, tinggal menghitung hari. Meski, kontingen Indonesia masih berduka karena meninggalnya Nifera Ufrotun Saidatun dalam kecelakaan saat sesi latihan di sirkuit AMBC di Bukit Sulap, namun event internasional ini, tetap harus berlangsung.

Sejak beberapa hari lalu, atlet AMBC dari beragai negera di Asia mulai berdatangan ke Kota Lubuklinggau seperti dari Timor Leste, Iran, Uzbekistan, Kazakhstan, Filipina dan negara lainya.

Persiapan panitia menyambut AMBC 2014 di Bukit Sulap Lubuklinggau saat ini, sudah mendekati rampung, baik itu persiapan seremonial pembukaan, track, jalur evakuasi, ambulance, petugas keamanan maupun safety para peserta.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe yang dibincangi disela-sela meninjau pembangunan sky lift di Bukit Sulap, Rabu (29/10) menyebut ada 19 negara di kawasan Asia yang dipastikan ikut serta dalam AMBC 2014.

Saat ini jelasnya, sejumlah atlet sudah mulai berdatangan. Sementara sebagian lagi, masih dalam perjalanan. “Untuk keamanan, kepolisian kita sudah siap. Nantinya, ada pengamanan terbuka dan tertutup. Setiap kontingen, akan ada pengamanan. Nah untuk teknis pelaksanaanya nanti, kita sudah siapkan alat kelengkapan evakuasi untuk para atlet,” kata Nanan, sapaan SN Prana Sohe.

Untuk evakuasi peserta, Pemkot Lubuklinggau jelasnya telah menyiapkan empat unit mobil clinik center, dokter dan perawat, dan rumah sakit. Nantinya terang Nanan, sejumlah petugas kesehatan akan ditempatkan di delapan titik rawan.

Dimasing-masing titik tersebut, disiagakan tandu, satu orang dokter dan dua orang perawat. “Kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, atlet AMBC tersebut akan dirujuk ke RS Siti Aisyah, Lubuklinggau,” tukasnya.

 

TEKS           : T MASRI SYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *