UPC Cetak Kader Pecinta Seni Fotografi

Antusiasme pengunjung menyaksikan foto-foto jurnalistik dan human interst yang dipamerkan di kampus IAIN Raden Fatah palembang, kemarin. | foto ; Bagus Kurniawan KS

Antusiasme pengunjung menyaksikan foto-foto jurnalistik dan human interst yang dipamerkan di kampus IAIN Raden Fatah palembang, kemarin. | foto ; Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG – Perkembangan dunia fotografi saat ini memang sedang mengandrungi kalangan pelajar dan mahasiswa. Khususnya di Palembang, hampir setiap kampus sudah mulai membentuk komunitas para pecinta foto ini.

Seperti di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang, komunitas Ukhuwah Photo Club (UPC), yang baru berumur satu tahun ini mulai melihatkan eksistensinya dengan mengadakan pameran foto dan membuka open recruitmen dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah yang ke-22.

Ketua UPC, Ahmad Syaifuddin yang akrab disapa Asep ini menjelaskan, dirinya dan puluhan anggotanya saat ini sedang menggelar pameran foto jurnalistik. Kemudian membuka pendaftaran bagi calon anggota yang ingin bergabung ke dalamnya.

“Dunia foto sudah sangat menyentuh bagi kalangan pemuda, ini merupakan momen bagi komunitasnya untuk melihatkan hasil-hasil jepretan para anggota kita yang dituangkan dalam pameran ke-5 ini. Sekaligus kita juga berpartisipasi dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (Diklatsarjur) yang diadakan oleh LPM Ukhuwah IAIN Palembang yang sudah dimulai dari tanggal 27 hingga 1 November mendatang,” terangnya saat diwawancarai di lokasi ia membuka stand pameran, Selasa (28/10).

Pria yang juga merupakan alumni Ukhuwah ini menambahkan, pihaknya juga menyediakan ruang bagi pelajar dan mahasiwa umum untuk bergabung ke komunitas UPC. Dengan tujuan kedepannya bisa membentuk para fotograper yang mempunyai insting yang tinggi dalam menghasilkan foto terbaik. Sehingga mampu menghadirkan foto yang memiliki nilai seni dan nilai jurnalistik yang tinggi.

“Saat ini kita kurang lebih sudah ada 20 lebih anggota. Yang mana, itu bukan semuanya dari IAIN, ada juga dari kampus-kampus luar yang ikut dalam keanggotaan. Kita menargetkan saat ini tidak terlalu berlebih ya, bagi mereka yang hobi kami siap untuk bergabung dan belajar bersama,” sebutnya.

Sementara, salah satu anggota UPC, Agustiawan mengungkapkan, ia dan teman-temannya selama ini biasa melakukan kegiatan seperti, diskusi bersama, hunting foto baik di dalam dan luar kota.

“Ketua juga selalu mengarahkan kepada kami, jika ada kontes-kontes atau lomba foto kami dihimbau untuk mengikuti lomba tersebut. Karena saya merasa, hal demikian juga sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan kami,” imbuhnya.

Dirinya berharap, setelah selesai open recruitmen ini, calon-calon anggota bisa memiliki motivasi, cinta dan kesukaannya akan dunia foto.

“Selanjutnya, mampu dan mau mengikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh UPC, dan siap mengikuti semua peraturan yang sudah dibentuk,” tukasnya.

 

TEKS    : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *