Pemuda Diajak Maknai Sumpah Pemuda

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda Beberapa Waktu Lalu | Dok KS

PALEMBANG – Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengajak semua lapisan masyarakat khususnya pemuda, agar dapat memaknai hari sumpah pemuda sebagai bentuk usaha memajukan bangsa dan dapat memaknainya dengan cara berbeda.

Harnojoyo mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda hendaknya dimaknai oleh generasi muda saat ini, untuk meneruskan semangat para pemuda masa lalu. “Menurut saya, itulah cara yang paling tepat untuk mengenang semangat para pemuda yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia,” kata Harnojoyo yang dibincangi usai peringatan Hari Sumpah Pemuda, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (28/10).

Harnojoyo menyebutkan, dari Sumpah Pemuda, terdapat catatan sejarah yang sangat berharga didalamnya. Menurutnya butir-butir dalam Sumpah Pemuda itu, tidak hanya disusun untuk menjadi hasil yang membantu kaum muda menjawab kebutuhan kemerdekaan dari penjajahan saat itu saja. “Butir-butir dalam Sumpah Pemuda itu, telah menjadi spirit yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda ketika itu,” sebutnya.

Harnojoyo berharap, peringatan Sumpah Pemuda setiap tahun harus mampu menghadirkan makna yang hakiki dari semangat yang lalu, untuk hadir dimasa sekarang. Sebutnya, jika para pemuda di masa lalu berjuang untuk merebut kemerdekaan, pemuda saat ini diharapkan mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang nyata yakni, dapat memainkan perannya sebagai pemuda untuk bangsa dan negara.

Pemuda hendaknya sebut dia, dapat mencari jati dirinya dengan baik sehingga bisa menentukan dimana ia bisa berperan baik. “Pemuda harus punya tujuan yang jelas untuk bangsa ini, dengan begitu akan memberikan kontribusi yang besar untuk Indonesia ke depan,” harapnya.

Menurut Harnojoyo, pemuda itu harus memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas tinggi. Pasalnya, melalui pemuda akan dengan mudah mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi terutama memiliki kompetensi unggul dalam persaingan global. “Nilai peringatan sumpah pemuda harus juga diimplementasikan dalam perilaku setiap anak muda, dan harus terus ditingkatkan,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *