November, Tranmusi Beroperasi Kembali

Ilustrasi Bus Trans Musi | Dok KS

Ilustrasi Bus Trans Musi | Dok KS

PALEMBANG – Setelah sejak September lalu, Bus Rapit Transit (BRT) tak beroperasi akibat kemelut yang berkepanjangan yang berujung dengan pemecatan semua karyawan perusahaan tersebut, November mendatang, Transmusi bakal kembali beroperasi.

Direktur Utama (Dirut) PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), Marwan Hasmen memastikan secepatnya Transmusi kembali beroperasi. “Secepatnya, saat ini kan sedang diperbaiki. Insya Allah, dalam waktu satu bulan kedepan sudah bisa melayani masayarakat kembali,” kata Marwan yang dihubungi, Selasa (28/10).

Jika telah beroperasi kembali maka terang Marwan, Transmusi akan tetap memberlakuan tarif lama yakni di dalam kota Rp 5000 dan Rp 7.500 untuk angkutan khusus mahasiswa ke Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) di Indralaya.

“Kita tidak lagi menggunakan smard card, namun menggunakan tiket. Mudah-mudahan dengan direksi dan karyawan baru, pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan 411 eks karyawan Transmusi, Juliansyah mengatakan Jumat lalu ratusan eks karyawan Transmusi mendatangi Disnaker Kota Palembang. “Disana kami mengajukan tuntutan, agar ratusan karyawan Transmusi yang dianggap mengundurkan diri utuk dipekerjakan kembali. Jika tidak, PT SP2J harus memberikan pesangon sesuai dengan aturan,” terangnya.

Kalau itu tidak dipenuhi sebut Juliansyah, maka mereka akan membawa persoalan itu ke ranah hukum. “Ini negara hukum, kami akan perjuangkan apa yang menjadi hak kami,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Hubungan Industrial, Syarat-Syarat Kerja, dan Kesejahteraan Pekerja, Disnaker Kota Palembang, Yusna mengatakan, Disnaker sudah mendengarkan permasalahan dari sisi eks-karyawan maupun manajemen PT SP2J. “Dalam waktu dekat kami akan mediasi kedua belah pihak. Setelah itu, kami akan mengeluarkan surat rekomendasi, untuk penyelesaian dilakukan di pengadilan,” tukasnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *