Sungai Musi Dangkal, Musi Triboatton Terancam Diundur

PALEMBANG – Pelaksanaan Musi Triboatton 2014 yang awalnya digelar pada 23-27 November mendatang, terancam akan diundur pelaksanaanya. Pasalnya, debit air di Sungai Musi kini mengalami pendangkalan akibat kemarau yang panjang.

“Sementara ini tetap pada jadwal semula, kita tidak mengasumsikan air bagaimana yang terpenting saat ini kita berdoa pada Allah SWT supaya diturunkan hujan. Sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan lancar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Farhat Syukri saat dibincangi, Senin (27/10).

Menurut dia, akhir Oktober ini pihaknya akan melakukan survei ke sejumlah daerah yang dilalui, terkait kondisi sungai yang mengalami kekeringan. Namun, apabila kondisi sungai tetap tidak memungkinkan, maka pelaksanaan Musi Triboatton 2014 akan diundur.

“Jika pelaksanaan Musi Triboatton digeser, maka dampaknya sangat luar biasa sekali. Karena jadwal kita di Desember, ada pelaksanaan Festival Film Indonesia (FFI) dan Asean University Games (AUG). Karenanya, Musi Triboatton harus tetap berjalan,” jelasnya.

Terpisah, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Sumsel, Akhmad Najib mengatakan, saat ini sudah ada lima negara yang mendaftar dan ingin ikut dalam menyemarakkan event tersebut. Kelima negara tersebut yakni Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

“Kami yakin target bisa terpenuhi. Kebanyakan negara-negara calon peserta masih melakukan seleksi dan latihan bagi peserta utusan negaranya. Jadi kemungkinan pertengahan November, jumlah peserta akan benar-benar matang,” kata Najib.

Disinggung mengenai kesiapan panitia, dia menuturkan, pihaknya kini sudah hampir rampung menyelesaikan persiapan teknis kegiatan. Bahkan mengenai lokasi pelaksanaan, panitia sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat untuk pematangan lokasi.

“Semuanya siap, bahkan beberapa pemerintah daerah sudah rampung menyiapkan event ini. Ada lima kabupaten kota yang akan diikutsertakan menjadi penyelenggara event yakni Banyuasin, Palembang, Empat Lawang, Muba dan Mura,” tukasnya.

 

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *