Sambut Tahun Baru Islam, Ziarah Massal ke Makam Usang Sungging

Ziara warga Tanjung Batu | Dok KS

Ziara warga Tanjung Batu | Dok KS

INDERALAYA – Ratusan warga Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, melakukan ziarah massal dengan mengujungi makam Usang Sungging yang diketahui termasuk salah satu makam bersejarah di daerah setempat.

Pelaksanaan ziarah massal kali ini bertepatan dengan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1436 H dengan diprakarsai oleh keluarga besar H Putih Lasudin yang merupakan garis keturunan dari Usang Sungging. Acara yang digelar ialah pembacaan yasin bersama, tahlil dengan disertai doa.

Yahya Sahri, tokoh masyarakat Tanjung Batu mengatakan, tujuan diselenggaraknya ziarah kali ini dalam rangka menjalin tali silaturahmi antarsesama warga Tanjung Batu.

Selain itu hal ini juga dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1436 H.

“Terlepas dari semua itu ziarah ini juga dimaksudkan untuk melihat secara langsung kondisi makam bersejarah yang sampai saat ini masih butuh perhatian,” ujarnya kemarin.

Meski demikian, lanjutnya, hingga saat ini makam Usang Sungging tetap dikunjungi oleh bahkan ada yang berasal dari luar daerah.

“Kita tentunya berharap agar kegiatan ini dapat dijadikan tradisi yang akan dilaksanakan setiap tahun oleh seluruh warga Tanjung Batu pada umumnya. Kita tentunya sama – sama berharap agar kondisi makam ini dapat diperhatikan oleh pemerintah dengan melakukan pemugaran dan melancarkan akses jalan menuju ke sana,”cetusnya.

 

Teks   : Junaedi Abdillah

EDITOR   : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *