Musim Panas, Permintaan AC Melonjak

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Sejak adanya bencana kabut asap serta musim kemarau yang melanda Kota Palembang beberapa bulan ini, membuat permintaan pendigin udara (AC) meningkat signifikan. Banyak masyarakat yang datang ke Electronic Solucion untuk mencari AC.

Operasional Sales Manajer Electronic Solucion, Erwin Tirta mengungkapkan, bencana kabut asap disertai cuaca yang cukup panas beberapa bulan ini membuat permintaan pendigin udara (AC) meningkat tajam. Ini sangat berbeda dengan hari-hari biasa yang permintaan hanya
mencapai 10 hingga 15 persen.

“Selama bulan Oktober ini saja, permintaan AC meningkat 50 hingga 60 persen dibandingkan dengan hari biasa. Kalau hari biasa hanya 10 hingga 15 persen untuk pembelian AC,” ujarnya, Senin (27/10).

Di Electronik Solucion ini tak hanya AC yang megalami peningkatan, namun juga Kulkas dan TV LED dengan beragam merek juga mengalami peningkatan. Hampir rata 20 hingga 30 persen mengalami peningkatan.

“Rata-rata banyak konsumen membeli TV LED yang berukuran 32 inch dengan harga RP 1,999 juta. Sedangkan kulkas dengan dua pintu Rp 4 juta hingga Rp 8 juta dengan brand ternama,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan David, pemilik toko elektronik lainnya yang berada dikawasan Pasar 16 Ilir Palembang. Menurutnya, cuaca panas yang masih terus melanda Kota Palembang dalam beberapa bulan terakhir menjadi penyebab utama meningkatnya permintaan, AC dan Kulkas tersebut.

“Sebagian besar pelanggan kami memang mengeluh karena panas saat ini,” katanya.

Menurutnya, jenis AC yang paling banyak dicari oleh pelanggan adalah berkapasitas 3/4 PK dan 1 PK. David menjelaskan, untuk harga yang ditawarkan sangat bervariasi tergantung merek dan kemampuan AC.

“Ada yang Rp 2,4 juta sampai Rp 4 juta,” imbuhnya.

TEKS:AMINUDDIN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *