Kuryana Batal Mencalonkan Diri Sebagai Cabup OKU

BATURAJA – Kabar mengejutkan datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU). Tak disangka-sangka Plt Bupati OKU, H Kuryana Aziz yang awalnya terlihat menggebu-gebu ingin maju mencalonkan diri menjadi Calon Bupati (Cabup) OKU periode 2015-2020 ternyata mengurungkan niatnya.

Alasannya kata Kuryana, karena mempertimbangkan kesehatan dan desakan keluarga. Makanya, saya urungkan niat untuk maju merebut mencalonkan diri sebagai Cabup di Pilkada OKU 2015 mendatang,” kata Kuryana, Senin (27/10).

Kuryana mengaku, awalnya memang sangat ingin maju menjadi Cabub OKU 2015-2010, namun mengingat usia yang sudah tua dan mempertimbangkan masalah kesehatan, maka keluarga besarnya meminta agar mengurungkan niat tersebut.

Untuk itu Kuryana meminta maaf kepada seluruh pendukungnya atas keputusan mendadak yang diambilnya tersebut. “Saya ini sudah tua, maka dari itu saya memilih mundur dan berharap agar OKU kedepan dapat dipimpin sosok yang lebih muda,” tegasnya.

Dijelaskannya, Pilkada OKU sebelum RUU Pilkada disahkan dijadwalkan akan dilaksanakan Juli 2015, namun dengan adanya aturan itu otomatis Pilkada tidak lagi dipilih secara langsung melainkan lewat DPRD.

Kemudian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu), untuk membatalkan RUU Pilkada itu, sehingga Pilkada OKU tetap dilakukan pada 2015. Namun sebut Kuryana, jadwalnya molor selama tiga bulan. “Jadi nanti Pilkadanya tetap langsung, tetapi dilakukan serentak September 2015 nanti,” ungkapnya.

Selain itu dengan adanya aturan itu pada Pilkada nanti pemilihan Cabub tidak lagi sepaket dengan Calon Wakil Bupati (Cawabup). “Jadi nanti, wakilnya akan ditunjuk langsung oleh Bupati terpilih dari kalangan birokrasi dengan pangkat setingkat Sekretaris Daerah (Sekda),” katanya.

Mengingat hal itu Kuryana meminta agar masyarakat OKU memanfaatkan momentum tersebut untuk menyalurkan hak suaranya. “Jangan golput ya, karena rugi kalau melakukan itu,” ujarnya.

Dengan pengunduran diri incumbent ini, maka secara otomatis saat ini hanya tinggal dua orang Cabub kuat OKU 2015-2020 yang siap untuk bertarung memperebutkan kursi OKU 1, yakni Ketua DPRD setempat Drs Johan Anwar dan Anggota DPD RI, Hj Percha Leanpuri.

 

TEKS           : MUSLIM

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *