Konflik di PAN Sumsel, KPU Tunggu Putusan Pengadilan

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), masih menunggu keputusan Pengadilan Negeri (PN) Palembang terkait dengan konflik internal di Partai Amanat Nasional (PAN) Sumsel.

Dalam konflik tersebut, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang matahari terbit tersebut atas rekomendasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumsel, memecat sejumlah kader nya termasuk dua calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Sumsel terpilih yakni Lucianty dan Mardiansyah.

“Kami menunggu putusan PN, setelah ada putusan hukum yang bersifat tetap barulah proses Pergantian Antar Waktu (PAW) dua Caleg PAN dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Muba yang dipecat oleh partainya, bisa diproses,” kata Ketua KPU Sumsel, Aspahani yang dihubungi, Senin (27/10).

Menurut Aspahani, proses administrasi PAW kedua Caleg PAN tersebut sudah dilakukan KPU Sumsel. Namun karena keduanya mengajukan gugatan ke PN Palembang, maka proses PAW dihentikan sesuai dengan Surat Edaran KPU.

Sementara untuk mekanisme siapa bakal calon yang menggantikan Lucianty dan Mardiansyah, Aspahani mengembalikan hal tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Lihat suara terbanyak berikutnya. Karena ini banyak yang diberhentikan, akan lihat juga yang pindah dapil. Sesuai dengan peraturan, sebelum itu (putusan hukum tetap) ada, kita belum persiapkan siapa untuk PAW nya,” terang dia.

Terpisah, Ketua DPP PAN yang juga Ketua Fraksi PAN di DPRD Sumsel, H Joncik Muhammad saat dikonfirmasi, enggan memberikan komentar. Sementara itu, gugatan Lucianty dan Mardiansyah di PN Palembang, sampai Senin (27/10), masih terus bergulir.

Sebelumnya kuasa hukum DPP PAN, Chairil Syah sesaat menyebut, pemecatan yang dilakukan kliennya terhadap Lucianty dan Mardiansyah sudah sesuai prosedur dan merupakan kewenangan kliennya.

Sebagai informasi, Lucianty dan Mardiansyah, Caleg PAN untuk DPRD Sumsel terpilih, dipecat oleh DPP PAN pasca Pemilihan Presiden (Pilpres). Pemecatan keduanya dialaskan, karena keduanya tidak loyal kepada partai hingga menyebabkan kekalahan pasangan Prabowo-Hatta di Pilpres di Kabupaten Muba. Padahal saat Pileg, PAN menjadi partai pemenang di Kabupaten Muba.

DPP PAN juga sudah menunjuk pengganti Lucianty dan Mardiansyah sebagai anggota DPRD Sumsel. Untuk Lucianty penggantinya adalah M Syarif, sedangkan Mardiansyah awalnya digantikan oleh Yudi F Bram namun kemudian direvisi kembali dengan menunjuk Novaldo Alqudsi.

 

TEKS         : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *