Kinerja 16 Camat di Palembang Dievaluasi

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan evaluasi terhadap kinerja 16 camat yang ada di metropolis. Evaluasi tersebut dilakukan dalam bentuk lomba, sehingga nantinya akan didapatkan enam camat terbaik.

Asisten I, Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Shinta Rahardja mengatakan, penilaian tersebut sebenarnya sudah dilakukan setiap tahun. Namun, untuk tahun ini akan dikemas dengan bentuk yang berbeda.

“Tahun ini kami bentuk dengan sistem lomba kecamatan terbaik. Hal itu dilakukan, agar lebih objektif. Dalam penilaian, kami minta masing-masing camat melakukan paparan keberhasilan program yang sudah dilaksanakan. Kami jadwalkan pemaparan sampai Kamis (30/10) nanti. Setelah itu, kami akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi sesuai paparan,” kata Shinta ketika dibincangi, Senin (27/10).

Untuk penilaian, pemkot sudah membentuk tim khusus yang anggotanya Asisten I, Bagian Tata Pemerintahan, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan lainnya.

“Nanti, setiap kecamatan tersebut akan dilihat kinerjanya, yang meliputi pelayanan masyarakat, kesehatan, pendapatan asli daerah (PAD), kependudukan serta kesesuaian program kerja dengan visi misi Palembang Emas. Yang pasti penilaian nanti lebih objektif,” ujarnya.

Shinta menerangkan, bagi kecamatan yang dinilai paling baik atau juara pertama, Pemkot Palembang akan memberikan hadiah khusus berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta. “Selanjutnya berjenjang. Dalam evaluasi atau penilaian ini, kami siapkan enam hadiah untuk enam kecamatan terbaik,” akunya.

Shinta menyebutkan, untuk mendapatkan predikat terbaik, tidak mudah. Karena, tim penilai sudah menyiapkan passing grade nilai. Jadi harus memaksimalkan semuanya. “Kalau tidak ada yang mencapai passing grade untuk predikat terbaik, berarti tidak ada juara satu. Kami ingin benar-benar objektif. Karena, dengan hal itu kami bisa tahu mana keberhasilan yang sudah dijalankan,” sebutnya.

Sedangkan untuk kecamatan yang di nilai kurang berhasil sebut Shinta, akan menjadi catatan bagi tim penilai. “Kan dalam tim penilai ada dari BKD. Ini akan jadi catatan bagi kami, tentunya kedepan harus lebih ditingkatkan lagi kinerjanya,” harapnya.

Sementara Camat Seberang Ulu I, A Novran mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Dengan adanya penilaian ini, akan memacu motivasi kami agar bekerja lebih baik,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *