Hilangkan Pencemaran Sungai, Bupati OI Bangun MCK

Bupati Ogan Ilir, H. Mawardi Yahya

Bupati Ogan Ilir, H. Mawardi Yahya | Foto : Dok KS

INDERALAYA – Masih banyaknya ditemukan bangunan-bangunan pembuangan air besar di sisi sungai khususnya di Dusun Tanjung Raya, Kelurahan Inderalaya Raya, Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir (OI), membuat Bupati Ogan Ilir H.Mawardi Yahya berencana akan membuat tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) atau WC umum. Rencananya bangunan MCK tersebut ada di empat titik di Dusun Tanjung Raya tersebut.

“Harapan kita, jangan ada lagi warga yang buang air besar di sungai. Selain tidak baik untuk kesehatan, merusak pandangan, juga tidak bagus untuk pemandangan di lokasi ini. Kita tau lokasi ini sangat bagus, sungainya bersih. Saya yakin, jika tidak ada bong lagi, kesehatan warga akan terjamin,” ujar Bupati, di hadapan ratusan warga Tanjung Raya beberapa hari lalu.

Tak hanya itu, sambungnya, ke depan daerah-daerah di Ogan Ilir yang sisi sungai dipadati penduduk juga akan dibangun MCK. “Harapan kita tidak ada, biar sungai kita ini bersih, dan lingkungan kita sehat,” imbuhnya.

Akan dibangunnya MCK di Dusun Tanjung Raya disambut baik masyarakat. Menurut Tokoh Pemuda Dusun tersebut, Yono akan dibangun MCK tersebut bisa meminimalisir warga yang buang air besar ke sungai.

“Kalau bisa di sungai-sungai tidak ada bong lagi, pastinya tidak menarik masyarakat untuk membuang air besar ke sungai tersebut. Ya, terima kasih kepada Pak Bupati yang telah peduli dengan lingkungan kita,” ujarnya singkat.

Pantauan di lapangan, di Ogan Ilir memang masih banyak masyarakat yang membuang air besar di sungai, tak hanya itu mandi kakus juga masih banyak. Terutama di Dusun Tanjung Raya. Terlihat sepanjang sungai ditemukan bangunan yang biasa digunakan MCK.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *