Sumsel Bidik Juara Umum Kejurnas Anggar Antar PPLP, SKO dan Pelajar se-Indonesia

Ilustrasi Anggar | Ist

Ilustrasi Anggar | Ist

PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan mengincar predikat juara umum pada perhelatan Kejuaraan Nasional Anggar antar PPLP (Pusat Pembinaan Latihan Pelajar), SKO (Sekolah Khusus Olahraga), dan Pelajar se-Indonesia.

Sedikitnya ratusan atlet usia pelajar diprediksi akan berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut, yang akan berlangsung pada 27 Oktober sampai 1 November 2014 di Dining Hall Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC), Palembang.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Kejurnas PPLP/D SKO dan Pelajar 2014 ajang Proyeksi Atlet Dunia” dimaksudkan untuk menjadi ajang evaluasi pembinaan olahraga pelajar tingkat nasional.

Kadispora (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga) Sumsel H Saidina Ali didampingi Kabid (Kepala Bidang) Prestasi dan Iptek H Akhmad Yusuf Wibowo, Rabu, (22/10) mengatakan, kejurnas anggar di Palembang ini berlandaskan tiga poin. Pertama, sebagai tolok ukur prestasi cabang anggar atlet-atlet PPLP di tingkat nasional. Kedua, sesuai dengan hasil Rakernas BAPOPSI (Badan Pembinaan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia) dan Ketiga, mempertimbangkan Sumsel sebagai kiblat olahraga anggar secara nasional, terutama di nomor sabre.

“Pada nomor sabre ini dikuasai penuh oleh atlet-atlet senior dan yunior kita. Nah! Pada Kejurnas kali ini kami menargetkan Sumsel jadi juara umum,” kata Saidina Ali.

Akhmad Yusuf menambahkan, PPLP merupakan aset untuk mencari bibit-bibit atlet potensial, mengingat pada pada cabor anggar ini, pembinaan atlet anggar melalui klub masih terbilang sedikit.

“Para atlet anggar binaan PPLP Sumsel terbukti mampu menembus prestasi internasional, bahkan mereka yang pernah dilatih di PPLP diantaranya sudah memiliki rangking tingkat dunia, ” Yusuf mengungkapkan dengan rasa bangga.

Sebagai informasi, para peserta dijadwalkan akan berdatangan mulai 26 Oktober. Dan mereka ini akan menginap di wisma atlet Jakabaring, tak jauh dari tempat pelakasanaan kejurnas.

Rangkaian kejurnas akan diawali dengan technical meeting pada 27 Oktober, pukul 15.00 WIB di Dining Hall. Pembukaan kejurnas akan berlangsung pada 28 Oktober pukul 10.00 WIB. Adapun penilaian juara umum ditentukan berdasarkan perolehan medali terbanyak khusus tingkat SMA. Kejurnas ini dijamin akan berlangsung fair karena wasit berasal dari PB IKASI (Ikatan Anggar Seluruh Indonesia) dan Pengprov IKASI Sumsel. Wasit-wasit tersebut memiliki sertifikat nasional dan internasional.

TEKS:IQBAL
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *