“Pola Hidup Bersih Masih Buruk”

 

PAGARALAM – Tingkat kesadaraan untuk membuang limbah rumah tangga  pada tempat pembuangan yang telah disediakan tampaknya belum begitu optimal dilakukan. Padahal fasilitas yang telah disediahkan itu setidaknya dapat  membuat kawasan dmaksud menjadi lebih baik lagi. Ini bukti nyata bahwa pola hidup bersih warga masih sangat buruk.

 

“Menjaga kebersihan lingkungan sekitar setidaknya untuk  menghindari berbagai kemungkinan timbulnya bibit-bibit penyakit yang selalu siap mengintai. Langkah ini  patut dibudayakan demi mewujudkan kebersihan dan kesehatan yang bermartabat,” kata Junaidi (55) warga Griya Bangun Sejatera, Kelurahan bangun Rejo Kecamatan pagaralam Utara, kemarin (22/10).

 

Menurutnya,  untuk merubah prilaku seseorang terhadap kesadararan lingkungan memang tergolong sulit dilakukan. Namun, setidaknya marilah membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing demi terwujudnya pola hidup sehat dan bermartabat.

“Kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar dengan memotong rumput (tebas bayang) disejumla lahan subur hingga mengangkut sampah plastik maupun kertas yang banyak menumpuk di sejumlah siring dan diposisikan pada bak-bak penampungan yang telah disedian guna mewujudkan kondisi lingkungan bersih dan sehat,” katanya.

Penerapan pola hidup sehat dengan meningkatkan kesadaran terhadap  lingkungan lanjutnya,  memang perlu digiatkan lagi, baik dalam bentuk kepedulian  maupun kegiatan kerja bakti massal  dengan tujuan membersihkan lingkungan dan perbaikan sarana dan prasarana.

“Upaya meningkatkan derajat kesehatan maupun mendukung program pemerintah yang tengah digencarkan, tingkat kepedulian terhadap keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal sudah selayaknya diposisikan menjadi kebutuhan bersama,” hendaknya.

 

Ketua RT 11Griya Bangun Sejatera Kelurahan Bangun Rejo Ibrahim menuturkan, kebersihan lingan sekitar merupakan kewajiban bersama dan mesti selalu ditingkatkan. Selain itu, kebiasaan ini hendaknya  terus ditubuhkembangkan dalam upaya menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan masing-masing secara berkelanjutan.

 

“Menjaga kebersihan lingkungan sekitar sebetulnya memotivasi maupun mendorong warga lainnya agar peduli terhadap lingkungan secara bersinambungan. Apalagi kebersihan tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama,” singkatnya.
TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *