Pemprov Sumsel Tiap Tahun Anggarkan Rp 3 M Untuk Bantuan Masjid

Ilustrasi Masjid Agung | Dok KS

Ilustrasi Masjid Agung | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan dana untuk pembangunan masjid setiap tahunnya. Rencananya tahun mendatang, akan dialokasikan dana sebesar Rp 3 miliar, untuk pembangunan masjid serta Rp 5 miliar untuk dana pembinaan ustadz dan ustadzah di Sumsel.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sumsel Richard Chahyadi saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (22/10). Dikatakan Richard, alokasi dana untuk pembangunan masjid dan dana pembinaan ustad serta ustadzah di Sumsel tahun depan, sama seperti tahun lalu dan tahun ini. “Memang belum ada perubahan untuk alokasi dana. Karena disesuaikan dengan jumlah proposal yang masuk ke Sumsel,” ujarnya.

Dikatakan saat ini jumlah masjid di Sumsel ada lebih kurang 6.000 dan 3.000 mushola, sementara jumlah ustad dan ustadzah di Sumsel ada sebanyak 23.000 orang. Alokasi dana yang digunakan, berasal dari dana hibah dan baru direalisasikan sejak 2012 lalu.

“Jika dihitung-hitung, ada sekitar 1.000 masjid yang baru terima bantuan pembangunan. Ini PR (pekerjaan rumah) bagi Pemprov Sumsel untuk bisa semakin banyak memberikan alokasi dana demi pembangunan ataupun perbaikan masjid di Sumsel,” jelas Richard.

Ia menuturkan pada 2013 lalu dana Rp 3 miliar diberikan kepada 400 masjid yang ada di Sumsel. Masjid yang mendapatkan dana tersebut sebelumnya telah mengirimkan proposal kepada Biro Kesra mengenai pengajuan dana pembangunan masjid.

“Setelah proposal di verifikasi, kami pun menentukan berapa jumlah dana yang akan diberikan dan diajukan ke BPKAD lalu bersama BKPRMI Sumsel untuk menyerahkan dananya kepada masjid,” tukasnya.

 

TEKS             : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *