Kejati Tahan Penjaga Kebun Ganja Empat Lawang

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang | Dok KS

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang, Beberapa Waktu Lalu | Dok Kgn

PALEMBANG – Setelah dinyatakan lengkap oleh penyidik Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel). Berkas perkara Sugianto (34), yang merupakan penjaga ladang ganja di Desa Tanjung Alam Kelurahan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, diserahkan ke pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Palembang.

Hal ini dibeberkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova, Sugianto beserta pohon ganja dilimpahkan ke kejaksaan untuk proses hukum selanjutnya.

Dengan pelimpahan ini, proses hukum terhadap Sugianto selanjutnya ada di tangan kejaksaan. “Berkas pemeriksaan untuk tersangka Sugianto sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan alias P-21. Dengan demikian, proses hukum ada di tangan kejaksaan,” kata Djarod.

Dijelaskan Djarod, sejak ditangkap oleh Ditres Narkoba Polda Sumsel pada 29 Agustus 2014 lalu, Sugianto sudah diamankan di Dir Tahti Polda Sumsel. Untuk melengkapi berkas, penyidik terus memintai keterangan Sugianto hingga akhirnya berkas dinyatakan lengkap.

Meski sudah melimpahkan perkara Sugianto, masih kata Djarod, Ditres Narkoba Polda Sumsel dan jajaran akan terus mengembangkan kasus penemuan kebun ganja ini.

Sampai saat ini, aparat kepolisian masih mencari keberadaan pemilik kebun yang berhasil melarikan diri saat dilakukan penggerebekan. “Ia dijerat pasal 111 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009. Peran dia adalah penjaga kebun tersebut,” kata Djarod.

Seperti diketahui, Ditres Narkoba Polda Sumsel bersama Polres Empat Lawang menggerebek kebun ganja di kawasan Desa Tanjung Alam Kelurahan Lintang Kanan Empat Lawang. Saat itu, petugas mendapati kebun ganja di atas lahan seluas tiga hektar.

Saat penggerebekan, petugas langsung memusnahkan 10 ribu pohon ganja siap panen. Pohon ganja yang dimusnahkan sudah setinggi 1,5 meter. Usia pohon sudah memasuki enam bulan. Diduga, sebelum pohon ini, sudah ada terlebih dahulu pohon ganja yang ditanam. Untuk 10 ribu pohon ganja ini bisa menghasilkan 1,5 hingga 2 ton ganja.

 

TEKS     : Oscar Ryzal

EDITOR    : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *