Disinyalir Ada Gesekan Internal, Sekwan OI : Pembentukan Alat Kelengkapan DewanTertunda

 

INDERALAYA – Belum dikeluarkannya surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), prihal penunjukan nama yang bakal duduk di kursi pimpinan dewan Ogan Ilir lantaran disinyalir adanya gesekan internal di Dewan Pimpinan Cabang (DPC), PDIP Ogan Ilir.

Imbasnya, hingga saat ini DPRD OI belum membentuk alat kelengkapan dewan seperti Komisi, Badan Legislasi (Banleg), Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK).

Meski demikian, DPRD OI tetap akan menggelar sidang paripurna yang rencananya akan berlangsung Rabu (hari ini-), dengan agenda penetapan unsur pimpinan dewan.

Informasi yang diperoleh, Partai Golongan Karya (Golkar), Ogan Ilir sudah mengirim surat kepada Sekretaris Dewan (Sekwan), prihal penunjukan H. Ahmad Yani sebagai unsur pimpinan dewan (Ketua DPRD).

Hal yang sama juga dengan Partai NasDem di mana sudah menunjuk Ahmad Syafei sebagai unsur pimpinan (Wakil Ketua DPRD).

Sedangkan DPC PDIP ada tiga nama yang tengah diusulkan yakni Wahyudi, Mustofa dan Irdansyah. Hingga saat ini, satu dari tiga nama masih belum ditentukan.

Sekretaris DPC PDIP OI, Joe Martin saat dihubungi via selular, Selasa (21/10), mengatakan, pihaknya membantah jika adanya gesekan di kubu internal PDIP OI terkait adanya penunjukan unsur pimpinan dewan.

Menurutnya, belum adanya nama tersebut lantaran DPP PDIP Pusat juga belum memberikan surat rekomendasi kepada PDIP Sumsel yang diteruskan ke DPC PDIP OI.

“Tidak ada gesekan atau pecah terkait masalah siapa nama unsur pimpinan. Kita masih tunggu dari DPP PDIP Pusat. Ini bukan hanya di Ogan Ilir, tapi seluruh Sumatera Selatan (Sumsel),” tegasnya.

Joe menambahkan, dalam penunjukan unsur pimpinan dewan, DPC PDIP OI telah merekomendasikan tiga nama sekaligus yakni Wahyudi, Mustofa dan Irdansyah.

“Mereka bertiga memang sudah layak jadi unsur pimpinan. Tapi, tinggal menunggu dari tiga itu siapa yang ditunjuk. Saya juga tidak tahu siapa dan kapan,” paparnya.

Dirinya mengakui, saat ini sudah menerima dua surat dari Sekwan terkait surat rekomendasi unsur pimpinan. “Kita sudah dapat dua surat dari sekwan. Tapi kita juga belum dapat surat dari pusat (DPP PDIP). Mungkin sibuk persiapan pelantikan Pak Jokowi (Presiden),” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan, Baihaki mengatakan, meski belum mendapatkan surat rekomendasi dari PDIP, namun pihaknya tetap melaksanakan rapat paripurna menetapan unsur pimpinan.

“Kita tetap lakukan rapat paripurna hari ini penetapan unsur pimpinan. Kita juga sudah melakukan konsultasi ke Biro Otonomi Daerah (BOD), terkait hal itu. Untuk Partai Golkar, Ahmad Yani dan Partai NasDem Ahmad Syafei,” ungkapnya.

Lanjut Baihaki, setelah ditetapkan, nama tersebut selanjutnya akan dikirim ke Gubernur Sumsel, untuk diterbitkan Surat Keputusan (SK), penetapan.

“Kita berharap, PDIP OI segera mengirimkan surat rekomendasi. Hal ini agar kegiatan dan pembentukan alat kelengkapan dewan berjalan tanpa hambatan,” pungkasnya.

 

Teks   : Junaedi Abdillah

EDITOR  : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *