UMKM Wajib Miliki Dokumen Lingkungan

PALEMBANG – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Palembang mayoritas, belum memiliki dokumen lingkungan. Dokumen lingkungan itu kata Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan dan Amdal, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, Akhmad Yudha, juga wajib dimiliki oleh UMKM.

“Industri berskala menengah dan besar, mayoritas sudah memiliki dokumen lingkungan. Sementara UMKM, umumnya belum memiliki dokumen lingkungan tersebut. Namun UMKM hanya wajib mengurus Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL),” kata Yudha, Senin (20/10).

Yudha menyebutkan, saat ini di Palembang banyak berdiri UMKM yang memiliki dampak pada lingkungan misalnya rumah makan, laundry dan lainnya. UMKM seperti itu jelasnya, harus memiliki SPPL.

“Rumah makan skala kecil, seperti rumah makan yang hanya memiliki tempat duduk di bawah 100, hanya melengkapi dokumen SPPL. Sedangkan rumah makan yang jumlah tempat duduknya diatas 100 kursi harus ada UKL-UPL nya. Jadi tergantung besar atau tidaknya unit usahanya,” sebutnya.

Sedangkan UMKM, dibidang laundry hanya yang unitnya besar harus melengkapi UKL-UPL. “Untuk mengurus SPPL ini, tidaklah sulit. Cukup datang ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Palembang. Namun, untuk mengurus dokumen UKL-UPL nya bisa langsung ke BLH Palembang,” ujarnya.

“Untuk mengurus dokumen lingkungan tersebut, syarat-syaratnya harus lengkap misalnya advice planning dari tata kota, sertifikat lahan dan KTP,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *