Tingkat PAD, Kejaksaan Dilibatkan Tagih Pajak

Ilustrasi Kejaksaan | Ist

Ilustrasi Kejaksaan | Ist

PALEMBANG – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang dari sektor pajak, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang, dalam melakukan penagihan pajak.

Kepala Dispenda Palembang, Agus Kelana mengatakan, Wajib Pajak (WP) yang belum membayar pajak di metropolis, relatif tinggi. Karenanya Dispenda terangnya, sengaja menggandeng kejaksaan dalam menagih pajak yang tertunggak.

Tapi, keterlibatan kejaksaan itu hanya bagi WP yang menunggak minimal Rp 5 juta. “Tunggakan pajak, angkanya cukup tinggi. Dengan menggandeng kejaksaan, diharapkan PAD dari sektor pajak dapat meningkat setiap tahunnya,” kata Agus, kemarin.

Agus mengaku, alasan Dispenda menggandeng kejaksaan dikarenakan WP tidak memperdulikan Surat Peringatan (SP), yang dilayangkan kepada WP tersebut. “Kami sudah menggandeng kejaksaan dalam menagih tunggakan pajak ini, sejak September lalu. Alhamdulillah, hasilnya cukup baik,” jelasnya.

Menurut Agus, apabila WP yang sudah diberikan SP, tapi masih enggan melunasi pajaknya. Maka, kejaksaan akan melakukan penagihan langsung. Selain itu, WP juga harus membayar denda tunggakan yang dimiliki.

Hitungannya adalah dua persen setiap bulannya, dengan dihitung dari besaran pajak yang harus dibayar maksimal 24 bulan. “Untuk WP yang sudah melebihi 24 bulan, siap-siap saja akan ada eksekusi penagihan pokok ditambah denda, yang dilakukan pihak kejaksaan,” tegasnya.

Ditanya dari sektor pajak apa tunggakan paling tinggi ? Agus menjawab, dari semua sektor, angkanya bervariasi. “Pajak yang dikelola Dispenda ada 11 jenis pajak. Angkanya bervariasi,” jelasnya tanpa menyebutkan pasti angka tunggakan WP.

Agus berharap, kedepannya kesadaran WP dalam membayar pajak dapat lebih meningkat. Sehingga, harapan untuk pembangunan Kota Palembang lebih baik dapat terwujud. “PAD kita adalah untuk pembangunan Palembang. Jadi, apabila pembayaran pajak baik, otomatis pembangunan juga berjalan baik,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *