Pol PP Gelar Goes to School

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

PALEMBANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) seluruh Indonesia akan berkumpul di Kota Palembang, dalam rangka Jambore Nasional (Jamnas) Sat Pol PP 2015. Banyak kegiatan yang akan dilakukan, salah satunya mendatangi sekolah-sekolah.

Kepala Sat Pol PP Sumsel, Riki Junaidi mengatakan, salah satu kegiatan dalam Jamnas tersebut yakni Sat Pol PP Goes to School. Program ini menyasar para pelajar, untuk mengenal tugas dan fungsi pokok (Tupoksi) personel Sat Pol PP di pemerintahan.

“Kita ingin membangun kesadaran generasi muda tentang tugas Sat Pol PP, Sat Pol PP bukan hanya menjaga dan pengamanan kantor atau parkir. Sat Pol PP berperan dalam peningkatan keuangan daerah,” kata Riki yang dibincangi usai pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) OKI dan Empat Lawang di Graha Bina Praja, Senin (20/10).

Ia menerangkan, tiap tingkatan pemerintah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Retribusi atau Pajak, yang harus dipatuhi oleh masyarakat umum atau badan hukum seperti perusahaan. Sat Pol PP terangnya memiliki kewenangan dalam menindak pelanggar Perda tersebut.

“Sat Pol PP membantu meningkatkan pendapatan daerah melalui penegakkan Perda. Contohnya, Sat Pol PP di OKU Timur yang sudah melakukannya hingga peningkatan keuangan mencapai Rp 1,5 miliar. Begitu juga di Muara Enim dan Palembang,” jelasnya.

at Pol PP sambungnya, juga bisa menggelar razia dengan melibatkan penegak hukum dan menerapkan sanksi ditempat. Menurut Riki, pihaknya masih menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di untuk memulai tupoksinya di awal tahun 2015 nanti.

“Kita telah siapkan personel mengikuti pelatihan PPNS dan studi banding. Kita menargetkan tak ada lagi kebocoran pajak atau retribusi, seperti pajak alat berat. Apa yang menjadi pekerjaan kita, akan di sosialisasikan kepada para pelajar,” terangnya.

Lebih jauh tentang Jamnas nanti, menurut Riki akan banyak kegiatan lapangan yang diikuti sekitar 1.000 personel se-Indonesia. Seperti outbond, pertukaran pengalaman sesama anggota Sat Pol PP dalam penegakkan Perda.

“Selain Satpol PP Goes to School ada juga lomba cerdas cermat, panggung hiburan, kesenian daerah Sumsel, pameran dan lainnya. Palembang memang ditujuk oleh mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi sebagai penyelenggara,” tukasnya.
TEKS       : IMAM MAHFUZ
EDITOR     : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *