Pemkot Palembang Perketat Pengawasan Fasilitas Publik

Petugas Sedang Memasang Lampu Hias di Taman Kota Palembang

Ilustrasi Petugas Sedang Memasang Lampu Hias di Taman Kota Palembang | Ist

PALEMBANG – Banyaknya fasilitas umum yang hilang seperti lampu hias dan fasilitas lainnya, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, gerah. Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) diperintahkan, memperketat pengawasan fasilitas publik tersebut.

Kepala Sat Pol PP Palembang, Tatang DK Direja mengatakan, Sat Pol PP setiap hari, rutin melakukan patroli untuk memantau fasilitas publik seperti di Jakabaring, kawasan Jalan Jendral Sudirman, Taman Polda, dan tempat lainnya. “Kami patroli mulai dari pukul 16.00-22.00 WIB. Namun tidak mungkin, kami harus menjaganya satu kali 24 jam, karena keterbatasan personil,” kata Tatang saat dihubungi, Senin (21/10).

Tatang mengaku, saat ini sudah ada petugas yang melakukan penjagaan di fasilitas publik seperti di taman Simpang Charitas, Jakabaring, Benteng Kuto Besak (BKB) dan lainnya. “Kalau taman yang ada di Charitas, satpam Charitas yang menjaga. Kalau di lokasi lain Sat Pol PP,” jelasya.

Tatang menyebutkan, setiap kali melakukan patroli, pihaknya menurunkan dua tim. Dimana setiap tim beranggotakan lima sampai enam personil. “Jumlah personil yang memantau fasilitas publik di Palembang ini ada 15-20 personil. Angkanya terbatas, karena SDM nya memang kurang,” sebutnya.

Tatang menegaskan, apabila ada pencuri yang tertanggap tangan sedang mengutil atau mencuri fasilitas publik seperti lampu jalan, lampu hias, bunga, dan lainnya maka Sat Pol PP akan menyerahkannya ke kepolisian. “Ini sudah berkaitan dengan pidana, kami serahkan ke polisi,” tegasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat, untuk tetap menjaga aset daerah dengan cara jangan tidak dirusak ataupun dicuri. “Karena untuk pengadaan aset-aset tersebut, dibeli uang rakyat dan bisa dinikmati oleh rakyat, jadi kita harus menjaganya,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *