Guru Tak Merata, Sekolah Merana

Ilustrasi | Bagus Kurniawan

Ilustrasi | Bagus Kurniawan

“Kota Palembang saat ini kekurangan guru untuk tingkat SD dan SMK, kekurangan guru ini juga disebabkan banyaknya guru yang pengsiun setiap tahunnya,” kata Zulinto Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Senin (20/10).

Zulinto menambahkan, kekurangan guru di Kota Palembang ini berkisar 800 orang, padahal pihaknya juga telah mengajukan pada saat penerimaan guru PNS, namun tetap tidak mendapatkan kuota.

“Kita sudah mengajukan kuota untuk penerimaan PNS pada tahun ini, namun belum mendapatkan kuota,” ujarnya.

Adapun kendala lain yang menyebabkan kekurangan guru ini juga disebabkan oleh penyebaran guru yang tidak merata, misalnya banyak guru yang mengajar di SMP.

“Karena banyak yang mengajar di SMP maka guru tersebut tidak dapat di pindahkan untuk mengajar di SD, apalagi bagi mereka yang sudah mendapatkan sertifikasi,” ungkapnya.

Selain itu, berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan saat ini yaitu yaitu jumlah guru dan rombel (rombongan belajar) di sekolah menjadi tidak seimbang. Bahkan, ada guru yang harus rela menjadi guru multi fungsi.

“Misalnya, lagi guru tersebut mengajar bahasa Indonesia, dan di sekolah tidak ada guru kesenian. Jadi, guru bahasa Indonesia tadi harus mengajar juga kesenian karena tuntutan kekurangan tenaga pendidik di sekolah,” jelasnya.

Khusus guru SMK, lanjut dia, tidak bisa melakukan rangkap jabatan. Pasalnya, guru yang dibutuhkan sebagai tenaga pendidik di SMK harus guru produktif. Karena ini berkaitan dengan skill. Jadi, harus merekrut guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Kekurangan guru ini akan segera diatasi. Pada 2015 mendatang pihaknya akan mengajukan ulang untuk kuota penerimaan guru di Palembang.

“Pihaknya berharap dengan kekurangan guru segera dapat diatasi, pihaknya berjanji pada 2015 permasalahan ini dapat diselesaikan, sehingga proses belaja dapat berjalan lancar tampa ada hambatan,” ungkapnya.
TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *