Wajib Pajak Tumbuh Dua Persen

Ilst. Pajak Online

Ilustrasi Pajak | Ist

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, melakukan pengundian bagi Wajib Pajak (WP) yang beruntung dan berhak mendapatkan hadiah Gebyar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Sabtu (18/10) malam di Atrium Palembang Indah Mall (PIM).

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, dengan berakhirnya undian gebyar PBB 2014 ini, diharapkan dapat menjadi pemacu bagi masyarakat Palembang, dalam membayar pajak.

Menurutnya, hingga September 2014, WP di Palembang tumbuh dua persen dengan kalkulasi angka mencapai Rp 5,3 miliar. Perolehan ini meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya.

“Dengan gebyar PBB ini, pendapatan pajak di sektor PBB dapat tercapai di tahun berikutnya. Sehingga kas daerah dapat meningkat dan perwujudan pembangunan Kota Palembang dapat meningkat,” ungkapnya.

Menurut Harno, hingga akhir September lalu, tercatat 187.250 WP yang sudah melunasi PBB. Dari pajak itu, terealiasi 82,29 persen dengan angka Rp 78 miliar dari target Rp 95 miliar tahun ini. Pencapaian melebihi ekspektasi triwulan ke tiga yakni 75 persen. “Alhamdulillah masyarakat semakin sadar pentingnya membayar pajak. Dengan begitu, kami dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak ini,” ulasnya.

Sementara itu, Dispenda Palembang, Agus Kelana mengatakan, selain pegundian hadiah bagi WP, gebyar PBB itu juga memberikan hadiah bagi kecamatan dan kelurahan yang meraih pencapaian pembayaran PBB tertinggi.

Adapun kecamatan yang berhasil mencapai pembayaran PBB tertinggi adalah, Ilir Timur (IT) II dengan realisasi 114,41 persen, lalu Kecamatan IT I dengan pencapaian pembayaran PBB 104,63 persen, dan Kecamatan Kertapati dengan pencapaian 93,57 persen. Sementara untuk Keluarahan, yakni Kelurahan Kemang Agung dengan realisasi sebesar 121,78 persen, Kelurahan 8 Ilir sebesar 102 persen dan Kelurahan 5 Ilir dengan pencapaian 99,96 persen.

“Sistem pengundian dilakukan secara terbuka, transparan dan tidak ada unsur rekayasa. WP diundi berdasarkan nomor objek pajak dan bukan atas nama WP, peserta undian adalah yang telah membayar pajak sebelum tanggal jatuh tempo,” bebernya.

Agus menambahkan, nama pemenang WP dengan hadiah tiga unit sepeda motor yakni Mohamad Akip warga Jalan Sukawinatan 6, RT 032 RW 06 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami, M Zaini Arat warga Lorong Margoyoso 19, RT 010 RW 03 Keluarahan Sungai Selayur Kecamatan Kalidoni, dan Yanto warga Gang Mandi Uap RT 043 RW 13, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-alang Lebar.

“Sementara untuk hadiah satu unit mobil d imenangkan oleh, Netty Zubaidah warga Jalan Suak Permai, Lorong Karya RT 038 RW 08 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami. Sedangkan untuk hadiah satu unit rumah type 36 dimenangkan, M Noor Husin, warga Suak Permai, Lorong Lintang RT 039 RW 08 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *