Tak Senang Tanahnya Digali Herwani Lapor ke Polda

PALEMBANG – Tidak terima tanahnya telah dicuri dengan cara dikeruk dengan menggunakan alat berat, Herwani (42), mendatangi sentral pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (19/10/2014).

Warga Dusun Lubung Permai, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin ini melaporkan kerabatnya yang berinisial Zr (50), yang telah mencuri tanahnya menggunakan Ekskavator. Akibat peristiwa itu, Herwani menderita kerugian senilai Rp 50 juta.

Tertera dalam surat laporan yang dibuat Herwani, bahwa dirinya memiliki sebidang tanah di kawasan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Tanah tersebut belum didirikan bangunan dan masih berupa lahan kosong.

Tiba-tiba, Herwani memeriksa tanah pada tanggal 12 Oktober 2014, ia mendapati tanahnya sudah dalam keadaan berlobang seperti sudah digali kendaraan berat. Atas kejadian ini, Herwani mencoba mencari informasi siapa pelakunya.

“Dari keterangan warga, pelakunya berinisial ZR. Ia telah menggali tanah saya menggunakan alat berat,” kata Herwani.

Bahkan, lanjut Herwani, tidak hanya mencuri tanah milik Herwani. Zr bahkan dikabarkan menjual tanah yang sudah dicuri tersebut. Dengan kata lain, Zr memperlakukan tanah milik FY seolah-olah tanah itu miliknya sendiri.

Kepala bidang hubungan masyarakat (Kabid) Humas Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova, sudah menerima laporan Herwani. Baik Herwani maupun saksi sudah dimitai keterangan.

“Akan kita cari keberadaan terlapor untuk dimintai keterangan. Kalau memang terbukti seperti yang dilaporkan, akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata Djarod.

TEKS     : OSCAR RYZAL
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *