Rp 5,1 M untuk Ketua RT/RW

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, menganggarkan dana Rp 5, 1 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

Dana tersebut kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (BPMK) Palembang, Heri Aprian Rasuan, dipergunkan untuk dana insentif bagi 5.017 Ketua RT dan Ketua RW di metropolis.

Pembayaran dana insentif triwulan III tahun 2014 ini jelasnya, terlambat dari jadwal seharusnya. Itu disebakan, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dalam APBD Perubahan, harus diselesaikan dahulu.

“Artinya, kami bukan sengaja menahan gaji mereka. Oktober ini, dana itu di cairkan. Yah, dalam waktu satu minggu kedepan, dana itu sudah diterima RT/RW,” jelas Heri ketika dibincangi, kemarin.

Menurut Heri, besaran dana yang akan diterima ketua RT/RW triwulan III ini, sama seperti triwulan II lalu, yakni Rp 300 ribu. setelah dana itu dicairkan, BPMK langsung menyerahkannya ke kecamatan.

“Kecamatan lah nantinya yang akan membayarkannya, dana insentif ini dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Jadi, total dana yang akan diterima masing-masing ketua RT/RW sebesar Rp 900 ribu,” ujarnya.

Heri menyebutkan, untuk wilayah yang baru dimekarkan, ketua RT maupun RW nya belum bisa mendapatkan dana tersebut. Karena, untuk mendapatkan dana itu harus melalui pemeriksaan yang ketat dan dianggarkan pada APBD Kota Palembang. “Berdasarkan catatan kami, saat ini, ada sekitar 50 ketua RT/RW baru. Kemungkinan, mereka akan mendapatkan dana tersebut pada tahun 2015 mendatang,” sebutnya.

Heri menambahkan, tambahan dana insentif untuk ketua RT/RW tahun 2015 mendatang sekitar Rp 30 juta. “Yah, kemungkinan dalam APBD induk Kota Palembang Tahun 2015 mendatang akan ditambah sebesar Rp 30 juta, angka itu berdasarkan pertambahan jumlah RT/RW,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua RT 31 RW 06, Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati, Palembang, Rubianto, menyambut positif segera dicairkannya dana insentif tersebut. “Biasanya dana itu cair awal Oktober. Tapi sampai sekarang belum cair. Alhamdulillah, kalau bulan ini segera dicairkan,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *