Perekaman e-KTP Pelajar Terancam Batal

EMPAT LAWANG – Program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang, untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP terhadap pelajar, terancam batal.

Pasalnya, hingga memasuki pekan ke tiga Oktober, program tersebut belum juga bergerak. Usut punya usut, ternyata kendalanya ada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang yang belum siap.

Sebab sebagian besar alat perekaman e-KTP, sudah banyak rusak. “Sepertinya tidak memungkinkan, karena alat perekaman kita banyak rusak. Belum lagi untuk pemenuhan desakan masyarakat umum masih tinggi,” kata Kepala Disdukcapil Empat Lawang, H Kipli melalui Kasi Pendataan dan Peralatan, Harry Truman, kemarin.

Diakui Harry, memang benar program perekaman E KTP pelajar intruksi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Namun sebutnya, amau bagaimana lagi, Disdukcapi belum bisa memenuhi kendala di lapangan.

Pada awalnya kata Harry, Disdukcapil memang menargetkan program itu dimulai Oktober ini, akan tetapi dengan banyaknya alat perekaman e-KTP yang rusak, sehingga pembuatan e-KTP juga terhambat. Disamping itu, juga masih banyak warga yang belum melakukan perekaman. “Belum bisa dipastikan bisa terlaksanakan atau tidak, keinginan kita bisa terlaksana semua. Dalam kondisi ini, kita hanya bisa pilih salah satunya saja,” ujarnya.

Harry menjelaskan, sejauh ini wajib KTP belum memiliki atau melakukan perekaman e-KTP masih tinggi. “Masih banyak warga belum melakukan perekaman e-KTP, bahkan ada warga sudah melakukan perekaman namun e-KTP belum selesai dicetak, ” jelasnya.

Meskipun demikian kata Harry, Disdukcpail akan terus berupaya untuk melakukan perekaman e-KTP, meskipun dengan keterbatasan alat.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *