Menanti Realisasi Janji Jokowi-JK

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-JK | Ist

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-JK | Ist

JAKARTA – Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), hari ini akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) di gedung MPR, Jakarta. Harapan baru pun, digantungkan ke pemerintahan baru yang dibentuk Jokowi-JK.

Dari hasil survei dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), masyarakat berharap banyak dengan pemerintahan baru ini. Survei yang dilakukan 23-27 Agustus lalu menunjukkan, dari 1200 responden di seluruh Indonesia, 71,73 persen masyarakat yakin ada perubahan yang lebih baik dilakukan pemerintahan Jokowi-JK.

Masyarakat di Palembang yang dibincangi Kabar Sumatera, Minggu (19/10) pun, berharap banyak dengan pemerintahan Jokowi-JK. “Jokowi-JK, harus merealisasikan janji-janji kampanye nya, terutama pemberdayaaan ekonomi masyarakat, peningkatan kesejahteraan, pemberantasan korupsi, memajukan dunia pendidikan dan lainnya,” kata Firman Endah Aji, warga Jalan KH Balqi Banten, Lr Masa Jaya, Plaju Palembang.

Harapan senada disampaikan Titik (38), pedagang sayuran di Pasar Sekip Ujung, Palembang. Ia meminta Jokowi, tidak melupakan janjinya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat terutama UMKM. “Jokowi waktu di Palembang, janji akan memberdayaakan UMKM. Janji harus ditepati,” ungkapnya.

Pengamat politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Pengamat Politik Universitas Sriwijaya (Unsri) Ardian Saptawan mengatakan, Ardiyan Saptawan dibincangi terpisah menyebut, harapan-harapan masyarakat itu harus dilaksanakan Jokowi-JK. “Jokowi-JK harus membuktikan janjinya, saat ini masyarakat menunggunya. Masyarakat berharap kehidupan ekonomi dan kesejahteraan lebih baik,” ungkapnya.

Jokowi sendiri terang Ardiyan, sudah menjanjikan itu. Saat menyampaikan pidato politiknya usai ditetapkan sebagai pasangan presiden-wapres terpilih oleh KPU, Jokowi berjanji untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. “Itu yang harus dibuktikan, selain itu reformasi birokrasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah dan persoalan lain harus diselesaikan,” ujarnya.

Bereskan Anggaran Negara

Sementara itu, Wapres terpilih Jusuf Kalla menyebut 100 hari pertama pemerintahan Jokowi-JK, akan memprioritaskan sektor perekonomian. “100 hari, langkah yang pertama membereskan anggaran negara,” kata JK seperti dikutip kompas.com, kemarin.

Selain itu, pengurangan subsidi BBM menurut dia harus segera dimulai. Kalaupun efeknya terjadi kenaikan harga-harga, Jusuf Kalla mengatakan hal itu hanya sebagai akibat dan bisa diantisipasi sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi. “Tahun depan saya yakin kita bisa mencapai 6 persen (pertumbuhan ekonomi),” ucap JK.

Bagi JK, ini adalah jabatan kedua yang akan disandang selama lima tahun. Pada 20 Oktober 2004 silam, ia dipercaya untuk mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Wapres RI hingga 20 Oktober 2009.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *