Geliat 13 Tahun Kota Prabumulih

Walikota dengan peserta Karnaval dari SMAN 1 Prabumulih | Foto : Dok KS

Walikota dengan peserta Karnaval dari SMAN 1 Prabumulih | Foto : Dok KS

Hari Ulang Tahun Kota Prabumulih yang ke-13 diibaratkan adalah masa puber yang selalu siap bersolek untuk mempercantik diri. Dan, itulah yang kini terjadi di Kota Prabumulih terus menerus membangun infrastruktur dalam meningkatkan perekonomian dalam meningkatkan pendapatan warga Prabumulih agar tidak kalah dengan kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Selatan.

Sebelum momentum ulang tahun kota Prabumulih ditabuh tanda Kota Prabumulih telah berusia ke-13, terlebih dahulu diadakan Paripurna DPRD Kota Prabumulih yang di ketuai Ketua DPRD sementara A Palo didampingi Wakil Ketua DPRD H M Daud Rotasi, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir H Ishak Mekki, dan Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya, MM yang berlangsung di ruang Paripurna DPRD Kota Prabumulih yang dihadiri seluruh anggota DPRD Kota Prabumulih, Asisten 2 Setda Sumatera Selatan, Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih, Kapolres, Perwira Penghubung Dandim, Koramil, kepala SKPD Kota Prabumulih, Kepala Kantor, Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kota Prabumulih dan Camat dan Lurah/Kades se kota Prabumulih serta tamu undangan baik tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Prabumulih Drs Djoharudin Aini, MM dalam sambutannya menyebutkan, ringkasan perjalanan kota Prabumulih mulai dari Talang hingga mendcapai yang sekarang ini dimana Sekda Kota Prabumuih mengatakan bahwa asal mula Prabumulih bermula bernama Pehabung Ule dan akhirnya menjadi Prabumulih.

Ketua Sementara DPRD Kota Prabumulih A. Palo, SE mengatakan bahwa sebelum menjadi Kota, Prabumulih tadinya berada didalam wilayah Kabupaten Muara Enim dengan status Kota Administratif dan pada tahun 2000 Prabumulih menjadi Kota Madya yang selanjutnya didalam Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 disebut Kota yang sederajat dengan Kabupaten Kota lainnya di seluruh Indonesia.

Adapun Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM mengatakan bahwa dengan moment ulang tahun kota Prabumulih yang ke 13 ini diharapkan kedepan Kota Prabumulih dapat menjadi kota yang benar-benar menjadi kota yang maju dan modern seperti yang kita harapkan bersama-sama.

Sedangkan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Ishak Mekki dalam sambutannya mengatakan selamat Ulang Kota Prabumulih yang ke-13 dan dengan selesainya Rapat Paripurna yang dilaksanakan di ruang Paripurna DPRD Kota Prabumulih selanjutnya seluruh peserta dan tamu undangan lainnya menuju lapangan terminal di jalan lingkar untuk membuka pameran pembangunan dan Pasar Tani yang ikuti 10 kabupaten/kota se Sumsel.

Esok harinya diadakan pawai karnaval untuk memeriahkan HUT Kota Prabumulih yang ke- 13. Para peserta karnaval memulai kirab dari lapangan Ria Jaya Pertamina dan finish di Prabujaya yang diikuti mulai dari tingkat SLTP hingga umum sebanyak 92 peserta. Semua peserta menampilkan yang terbaik agar masyarakat Prabumulih dapat terhibur. Di malam harinya Wali Kota Prabumulih bekerjasama dengan Pujasuma Prabumulih mengadakan Wayang semalam suntuk di Pendopoan rumah dinas wali kota yang dihadiri ribuan warga keturunan Jawa yang ada di Prabumulih.

Tak lupa wali kota juga mengingatkan bahwa hari Minggu (19/10) ada lomba motor cross di lapangan Talang Jimar yang diikuti para crosser kurang lebih 300 crosser baik dari Sumsel sendiri maupun dari luar Sumatera Selatan. ( ADV )

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *