Akbar Ikramsyah Pimpin KNPI Palembang

KNPI

KNPI

PALEMBANG – Akbar Ikramsyah dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), terpilih sebagai Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palembang periode 2014-2016. Akbar terpilih memimpin KNPI Palembang, dalam Musyawarah Daerah (Musda) XII yang digelar di Hotel Swarna Dwipa, Palembang.

Kepengurusan KNPI Kota Palembang sendiri, sempat vakum selama satu tahun. Terakhir, KNPI Kota Palembang dipimpin oleh Muchendi Mahzareki, putra Wagub Sumsel Ishak Mekki yang kini menjadi anggota DPRD Sumsel.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, Akbar didaulat memimpin KNPI Kota Palembang secara aklamasi. “Awalnya ada tiga nama yang dicalolkan sebagai ketua yakni Dedi dari AMTI, Eman dari PMT dan Akbar dari PMII. Namun dalam musda tersebut, 30 OKP dan PK yang hadir aklamasi menunjuk Akbar sebagai ketua,” kata Ketua Panitia Musda KNPI Kota Palembang, Redi Kales, Minggu (19/10).

Terpisah, saat dihubungi Ketua KNPI Kota Palembang terpilih Akbar Ikramsyah menyebut, di periodeisasi kepengurusannya, ia akan mencoba untuk menghidupkan kembali sejumlah kegiatan-kegiatan kepemudaan yang satu tahun terakhir di Palembang, mati suri.

“Yang jelas, skala prioritas saya adalah menyatukan lagi semua potensi pemuda yang ada di Kota Palembang. Selain itu, meningkatkan peran aktif pemuda, dalam pembangunan di Palembang. Kami siap bekerjama dengan Pemkot Palembang dan instansi lainnya, untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Palembang,” terang Akbar.

Disinggung adanya dualisme kepengurusan di DPD KNPI kota Palembang sebelumnya, yakni KNPI versi Affan dan Muchendi, dia menegaskan tak ada lagi dualisme di KNPI Kota Palembang.

Musda yang diselenggarakan di Hotel Swarna Dwipa, kemarin yang mendaulatnya sebagai ketua sebut Akbar, diselenggarakan atas keinginan OKP dan PK KNPI di Kota Palembang. “KNPI bukan milik perseorangan, organisasi ini adalah wadah bagi semua OKP. Merekalah yang berhak menentukannya,” sebut Akbar seraya menyebut pelantikan sendiri akan diselenggarakan pada 28 Oktober mendatang atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Sumsel, Sofhuan Yusfiansyah berharap Musda KNPI Kota Palembang tersebut bisa melahirkan pimpinan yang mampu bersinergi dengan pemerintahan dan pihak kepolisian. “Satu tahun terakhir KNPI Kota Palembang vacum, hal ini sangat disayangkannya, mengingat KNPI Palembang merupakan barometer kepemudaan di Sumsel,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KNPI Kota Palembang, Muchendi Mazhareki yang dibincangi usai penandatangan fakta intergritas bagi anggota DPRD dari Partai Demokrat, kemarin, tak mengakui Musda KNPI Kota Palembang yang menunjuk Akbar Ikramsyah sebagai ketua.

“Memang ada dualisme kepengurusan di KNPI Kota Palembang yakni versi saya dan Affan. Namun, kami sudah sepakat akan menggelar Musda bersama pada Desember nanti. Kita sudah bertemu dengan Wakil Wali Kota Harnojoyo, untuk mengantarkan kami untuk musda bersama. Kalau Musda KNPI Palembang pagi tadi, saya juga bingung itu bernaung dimana,” tukasnya.

 

TEKS           : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *