Biaya Pasang Listrik Hanya Rp 700 Ribu

Pemasangan Amper Listrik PLN | Dok KS

Pemasangan Amper Listrik PLN | Dok KS

EMPAT LAWANG – Sebagian besar pelanggan PT PLN Kabupaten Empat Lawang, selama ini tertipu. Pasalnya, biaya pasang baru amper listrik di patok calo hingga Rp 3,5 juta, padahal biaya sebenarnya hanya Rp 700 ribu sesuai ketentuan PT PLN.

Makanya, PLN Ranting Tebing Tinggi mengimbau, agar calon pelanggan atau pasang baru listrik PLN tidak menggunakan jasa calo, tetapi langsung menggunakan sistem online pendaftaran.

“Jangan tertipu calo lagi, kalau mau pasang baru langsung daftar ke nomor 123, atau bertanya langsung ke kantor PLN,” jelas Supervise Administrasi PLN Ranting Tebing Tinggi, Randi Kusriansyah, Jumat (17/10).

Dijelaskannya, biaya pemasangan amper bagi pelanggan baru PLN hanya Rp 700 ribu. Itu biaya resmi dan termasuk bonus pulsa Rp 20 ribu, bagi pemasangan tegangan empat ampere. Ada biaya tambahan lain kata Randi, Rp 70 ribu untuk konswil pengeluaran Sertifikat Laik Operasi (SLO). “Semua biaya totalnya, hanya Rp 770 ribu tanpa biaya lain. Jika ada meminta lebih dari itu dan pelanggan keberatan, maka laporkan ke kita,” ujarnya.

Ditanya selama ini biaya pasang bisa mencapai Rp 3,5 juta, Randi mengaku itu bukan kebijakan PLN. Itu melalui calo, kemungkinan calo mau ambil keuntungan. Makanya sebut dia, jangan menggunakan jasa calon agar merasa dirugikan.

Lebih jauh, Randi menjelaskan pelanggan PLN Empat Lawang dapat mengikuti kemajuan pelayanan yang digunakan PLN, baik pelayanan gangguan, pasang jaringan baru atau keluhan lainnya.

Semua sudah di online dan ditanggapi dengan cepat serta transparan. Makanya ia juga mengingatkan, pelangan ampere lama atau pasca bayar dapat pula beralih ke pra bayar karena lebih nyaman dan efisien.

Pasalnya ampere pra bayar tidak ada lagi biaya beban dan biasa dimatikan, saja jika tidak terpakai. Sehingga tidak mengurangi pulsa sama sekali. “Mudah-mudahan pelayanan yang kami berikan, bisa memuaskan pelanggan,” ujarnya.

Bagaimana dengan tunggakan, Randi mengaku sudah ada penurunan tunggakan, per September tunggakan pembayaran rekening listrik di Ranting Tebing Tinggi mencapai Rp 819 juta. “Untuk tunggakan dua bulan, ada 6000 pelanggan. Kalau tunggakan tiga bulan keatas, hanya sebanyak 1000 pelanggan dan sudah disegel 150 pelanggan,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *