Wabah Skabies Merebak di Empat Lawang

EMPAT LAWANG – Musim kemarau cukup panjang, menimbulkan wabah penyakit unik bagi hewan ternak di Kabupaten Empat Lawang. Seperti jenis kuman kulit ditandai kerak ketombean atau skabies, menyerang hampir 70 persen kambing di Kecamatan Pasemah Air Keruh.

Penyakit yang menyebar dari tungau atau ectoparasit ini, bisa membuat lumpuh bahkan kematian hewan ternak. “Temuan kita baru jenis kambing yang diserang, di Paiker itu ada 70 persen. Selain itu ada juga di Tebing Tinggi dan kecamatan lainnya,” kata Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perikanan (DP3) Empat Lawang, Rudianto didampingi dokter hewan, dr Reni, Kamis (16/10).

Wabah Skabies kata dr Reni, penyebarannya cukup cepat baik melalui hembusan angin dan sentuhan, bisa juga akibat kurangnya perawatan dan kebersihan hewan ternak. Tak hanya kambing, penyakit ini bisa menular ke manusia ditandai dengan rasa gatal hingga kulit memerah.

Kasus di Empat Lawang terutama kecamatan Paiker, penyebaran wabah Skabies cepat. Jika tidak segera dilakukan pengobatan melalui penyuntikan, hewan ternak akan mati. Gejala awalnya jelas dia, bulu hewa rontok kemudian kulit mengelupas setelah itu hewan ternak yang terserang penyakit ini akan muluh dan mati.

“Tak hanya pengobatan bagi hewan terkena wabah ini, kandangnya juga harus dibersihkan dan disemprot dengan desinfectan. Penularannya cukup cepat, apalagi bagi hewan ternak yang dikandangkan,” jelas dr Reni seraya memastikan skot obat berbagai jenis penyakit ternak dimasih banyak.

Sejak musim kemarau 2014 ini, ada beberapa laporan hewan ternak jenis kambing mati akibat Skabies. Tim dokter hewan berharap, pemilik ternak di Empat Lawang lebih aktif melaporkan penyakit apapun yang menyerang hewan ternaknya. Jangan sampai wabahnya menulari lebih banyak lagi.

Selain itu imbuhnya, kebersihan lingkungan dan ternak harus dijaga. Sebab banyak sekali penularan penyakit dan wabah lainnya jika kondisinya kotor, selain merugikan ternak juga akan berbahaya bagi pemiliknya sendiri.
“Contoh saja skabies, kalau tidak ditanggulangi cepat bisa membahayakan warga. Penyakit kulit gatal ini seperti kurap, jadi hati-hati jika bersentuhan dengan hewan ternak harus segera mencuci tangan hingga bersih,” imbuhnya.

Diketahui, sebagian besar pemilik ternak di Empat Lawang sepertinya belum mengenal jenis wabah skabies, ada yang menyebut “kedalan” atau penyakit kurap kambing.
TEKS     : SAUKANI
EDITOR    : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *